kaki seperti ditusuk jarum

Kaki Sakit Seperti Ditusuk Jarum, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kaki nyeri seperti ditusuk jarum seringkali membuat penderitanya tak nyaman beraktivitas. Apa penyebabnya?

Nyeri pinggang atau punggung bawah kadangkala dibarengi dengan timbulnya kaki nyeri seperti ditusuk jarum. Hal ini yang kadang membuat pasien datang berkonsultasi dengan dokter.

Nyeri yang dirasakan hingga kaki ini bisa dialami oleh berbagai usia namun yang paling sering adalah usia produktif.

Penyebab Kaki Nyeri Seperti Ditusuk Jarum

Terdapat 4 hal yang diduga sebagai penyebabnya, yaitu:

  1. Adanya infeksi atau peradangan pada otot-otot punggung bawah akibat pemakaian yang berlebihan atau cedera/kecelakaan yang bisa menyebabkan gangguan pada otot yang parah sehingga dapat timbul nyeri  panggul dan kaki.
  2. Adanya proses degenerasi ruas tulang belakang yang menimbulkan tumbuhnya tulang baru yang abnormal sehingga menjepit saraf di area tersebut. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang berusialanjut.
  3. Penonjolan bantalan yang ada di antara tulang belakang yang kemungkinan disebabkan oleh pecahnya bantalan tersebut. Biasanya dialami oleh para pekerja. Kondisi ini menimbulkan nyeri punggung bawah/pinggang kronis dan jika isi bantalan tulang tersebut sampai bocor keluar dan menjepit saraf yang ada di sepanjang tulang belakang, maka timbullah nyeri yang tidak hanya dirasakan di punggung bawah namun bisa menjalarhingga ke kaki.
  4. Adanya tumor, fraktur di tulang belakang juga bisa menekan/menjepit saraf.
kaki seperti ditusuk jarum

Kaki nyeri seperti ditusuk jarum

Kaki nyeri atau punggung bawah/pinggang nyeri yang kemungkinan disebabkan menonjolnya bantalan tulang (herniasi nukleus pulposus/HNP) dirasakan seperti ditusuk-tusuk atau seperti kesetrum. Bantalan sendi yang menonjol ini menekan/menjepit saraf, makanya nyeri seperti itu dirasakan hingga ke kaki.

Penonjolan Bantalan Tulang

Mungkin sebagian orang akan berpikir kalau nyeri/sakit itu terlokasi di punggung saja. Padahal bisa menjalar ke kaki. Gejala menjalarnya nyeri sampai kaki ini cukup spesifik sehingga dapat membantu para dokter untuk memberikan diagnosis secara akurat mengenai penyebab nyeri.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Tekanan/jepitan pada saraf tulang belakang ini bertautan ke kaki. HNP menimbulkan gejala nyeri tajam dan mendadak akibat adanya proses infeksi.

Di punggung bawah/pinggang:

  • Nyeri bisa terjadi di salah satu sisi atau kedua sisi
  • Nyeri timbul saat duduk atau saat duduk membungkuk ke depan. Dalam postur seperti ini dapat menekan ruas tulang belakang

Di kaki:

  • Nyeri
  • Terasa kebas/kesemutan
  • Kelemahan otot-otot kaki

Nyeri atau rasa kebas yang diakibatkan oleh HNP akan menjalar/ mengalir sepanjang jalur sistem saraf dari punggung bawah ke paha, pergelangan kaki, hingga ke telapak dan jari kaki seperti ditusuk jarum.

Otot-otot yang berhubungan ke saraf yang terjepit juga akan melemah dan bila tidak ditangani dengan baik atau dini kemungkinan bisa menimbulkan kelumpuhan.

Biang Keladi HNP

Banyak faktor yang dapat menyebabkan HNP, seperti berikut:

  1. Mengangkat beban berat dengan postur tubuh yang salah dan dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang
  2. Obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Posisi/postur duduk yang salah dalam waktu yang lama
  4. Kecelakaan atau cedera yang mengenai tulang belakang

Nyeri di punggung bawah biasanya berasal dari adanya gangguan atau masalah pada ruas tulang lumbar (L1-L5 dan S1).

Tingkat keparahan HNP Anda bergantung pada seberapa berat saraf di area tersebut yang terjepit/tertekan. Jika masih ringan atau sedikit jepitannya, nyeri yang dirasakan hanya seperti kesetrum pada kaki atau sedikit kebas/baal. Namun jika jepitannya ini parah, bisa menimbulkan kelumpuhan.

Diagnosis Kaki Seperti Ditusuk Jarum

Dokter akan melakukan pemeriksaan berdasarkan gejala yang dirasakan dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang lainnya yang mungkin diperlukan untuk membantu menegakkan diagnosis adalah rontgen, CT scan atau MRI.

Tidak Berani Operasi?

Dulu, cedera HNP atau saraf terjepit perlu diatasi dengan tindakan pembedahan yang risikonya lumayan tinggi dan tentu dengan biaya yang tidak sedikit pula.

Namun kini tidak usah khawatir. Masalah salah terjepit Anda sudah dapat diatasi dengan laser atau percutaneous laser disc decompression (PLDD) yang memiliki risiko minimal

PLDD ini memiliki beberapa keunggulanya itu hanya memerlukan sayatan yang kecil (kira-kira 7 mm); proses pemulihan lebih cepat; tidak perlu rawat inap; proses tindakan lebih singkat; dan biaya lebih terjangkau dibandingkan dengan teknik bedah konvensional.

Klinik Lamina Pain and Spine Center

Klinik ini memiliki teknologi PLDD untuk mengatasi saraf terjepit. Tidak itu saja, teknologi PELD, PECD dan radiofrekuensi ablasi juga ada di Klinik Lamina Pain and Spine Center untuk membantu menuntaskan nyeri Anda terkait dengan saraf terjepit.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Selama  pandemi COVID-19 ini kami tetap beroperasi dan menerapkan beberapa langkah standar guna mencegah penularan penyakit ini, antara lain pengukuran suhu pada setiap tamu yang datang; mewajibkan pemakaian masker; penyemprotan disinfektan di setiap ruangan; menyediakan hand sanitizer; social distancing saat berada dalam lift.

Tidak  itu saja, para staf dan para dokter kami juga menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap sesuai dengan standar.

Jika nyeri Anda sangat mengganggu aktivitas dan terkendala oleh jarak atau adanya program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tidak masalah. Konsultasikan saja keluhan nyeri Anda dengan kami via online atau via whatsapp.

2 Comments
  1. Balas
    Ir. Surtiwa

    Perkiraan biaya untuk PECD dan PLDD ? Rawat Inap VIP …

    • Balas
      Admin Lamina

      Untuk tindakan laser PLDD sekitar 48 juta tapi tanpa rawat inap, sementara untuk endoskopi PECD biaya dengan rawat inap sekitar 135 juta estimasi ya pak. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon