Nyeri di kaki dan kesemutan

Kaki Kesemutan Dan Nyeri, Ini 6 Kemungkinan Penyebabnya

0Shares

JAKARTA — Nyeri kaki dan kesemutan bisa tiba-tiba terjadi kapanpun dan di manapun. Sering kali kehadirannya sangat tiba-tiba dan membuat penderita bertanya-tanya apa yang salah dengan kaki mereka.

Kadang kala rasanya seperti tertusuk-tusuk, kebas, jemari kaki seperti tertarik ke atas dan kumpulan serabut syaraf yang biasanya bertugas mengirimkan pesan motorik dan sensori ke seluruh tubuh ikut terpengaruh. Tapi sebenarnya apa yang terjadi?

Hubungi Call Center Kami di (021) 7919-6999

Berikut beberapa sebab  dari kaki kesemutan dan nyeri yang mungkin terjadi dan menganggu aktivitas harian Anda.

1. Sepatu Terlalu Sempit Sebabkan Kaki Kesemutan

Sepatu sempit sebabkan kaki kesemutan

Ilustrasi : Sepatu sempit sebabkan kaki kesemutan

Memaksakan kaki menggunakan sepatu yang sempit sepanjang hari bisa sangat membahayakan kesehatan kaki.  Selian nyeri kaki dan kesemutan, sepatu yang sempit tentu bisa sangat tak nyaman. “Sepatu yang terlalu ketat akan menekan kaki dan akhirnya menekan syaraf juga,” kata Ettore Vulcano, M.D., dari Mount Sinai West, New York City.

Syaraf yang tertekan akan menimbulkan sensasi kesemutan. Carilah sepatu dengan lebar yang cukup agar kaki bis tetap nyaman, tidak terjepit. Rasa kesemutan dan mati rasa juga tak hanya terjadi diujung jemari tapi juga diseluruh kaki?

Ada syaraf superfisial di bagian kaki yang bisa tertekan ketika Anda mengikat sepatu terlalu kencang di area itu. Usahakan untuk tidak mengikat sepatu dengan menyilang di bagian atas kaki.

2. Bunion Sebabkan Nyeri Kaki

Benjolan di bagian luar ibu jari kaki memang tidak terlihat indah. Ini disebut bunion, dan ini bisa menimbulkan masalah besar pula. Jika dibiarkan seiring waktu bunion bisa mendesak ibu jari dan menekan syaraf.

Anda bisa menggunakan alat bantu spacer ibu jari kaki untuk mengatasi, tapi jika Anda masih merasakam rasa tertusuk dan kesemutan, Anda mungkin harus menemui dokter yang kemungkinan akan melakukan pembedahan.

3. Nyeri Kaki dan Kesemutan karena Masalah Syaraf di Punggung

Ada kalanya rasa nyeri, kesemutan dan melemah di kaki muncul sebagai akibat adanya herniated disk di tulang punggung. Ini adalah kasus ketika bantalan jeli yang membatasi antar ruas tulang belakang keluar ke kanal syaraf dan menekan syaraf di sekitarnya. Syaraf sciatic adalah jalur dari tulang belakang bawah ke kaki.

Jika ini masalahnya Anda mungkin juga akan mengalami sakit punggung bagian bawah dan rasa lemas di kaki, tumit dan betis. Dengan pemeriksaan X-ray, MRI keluhan ini bisa diidentifikasi.

Berbagai pilihan penanganan juga bisa diberikan seperti yang ada di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang yang sebentar lagi akan berganti nama menjadi Lamina Pain dan Spine Center.

4. Iritasi Syaraf

Rasa kebas dan tertusuk di satu atau dua kaki (biasanya jari tengah dan jari manis) bisa disebabkan oleh neuroma atau iritasi syaraf. Biasanya ini terjadi saat Anda melakukan aktivitas yang tergolong high-impact. Syaraf jadi tertekan dan menimbulkan rasa tak nyaman itu, nyeri dan mungkin kesemutan. Cobalah menggunakan tatakan metatarsal di sepatu untuk melindungi telapak kaki.

Jika rasa nyeri tak hilang juga ada kemungkinan Anda mengalami lecet pada jaringan dan membutuhkan pembedahan

5. Kerusakan syaraf Sebabkan Kaki Kesemutan

Neuropati, kondisi syaraf kronis, termasuk komplikasi yang sering terjadi di antaranya akibat diabetes atau kecanduan alkohol. Diabetes terjadi ketika kadar gula dalam darah sangat tinggi.

Untuk penanganan paling baik adalah dengan berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan obat anti nyeri syaraf.

6. Sindroma Tarsal Tunnel

Ini adalah sindroma carpal tunnel versi di kaki. Syaraf di tarsal tunnel-a di bagian kaki dan di dalam ankle Anda tertekan, lalu area tumit ikut merasakan kebas dan kesemutan. Meski kasus ini jarang terjadi, namun juga bisa terjadi karena penggunaan sepatu yang kurang tepat, trauma atau saat ankle terkilir. (*)

Konsultasi Kaki Kesemutan Gejala Saraf Kejepit Via Telpon 021-7919-6999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini