Nyeri Panggul

Nyeri Panggul yang Jarang Namun Menyakitkan

Sakit punggung bagian bawah sendiri adalah kondisi yang umum dialami oleh orang dengan rentang usia antara 18 hingga 55 tahun. Terdapat banyak jenis nyeri pinggang, bisa karena otot, saraf terjepit atau pengapuran sendi. Salah satu yang dialami oleh masyarakat yakni nyeri panggul atau nyeri pinggul yang di dalam istilah kedokterannya yakni Piriformis Syndrome.

Anda mungkin jarang mendengar sindrom piriformis karena penyakit ini memang tergolong sakit punggung bagian bawah yang jarang terjadi. Sehingga tidak banyak orang yang familiar dengan namanya. Sindrom piriformis terjadi ketika otot piriformis menekan saraf sciatic, yaitu saraf besar yang membentang dari punggung bagian bawah hingga ke masing-masing tungkai Anda.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Otot piriformis sendiri merupakan otot yang terletak di bagian bokong, membentang hingga bagian atas tulang paha.  Otot piriformis membantu menyeimbangkan tubuh bagian bawah ketika Anda melakukan aktivitas yang melibatkan bagian tubuh di area ini, seperti berjalan atau ketika sedang mengangkat beban.

Gejala Nyeri Panggul

Seseorang yang mengalami sindrom piriformis mungkin akan merasakan sakit di area pinggul. Selain itu juga bokong, atau selangkangan, dan juga merasa tubuh tidak seimbang. Gejala-gejala yang dirasakan pada sindrom piriformis umumnya mirip dengan sciatika.

Sindrom piriformis rentan dialami oleh pengemudi truk, petenis, penggemar olahraga ski, dan pesepeda. Rasa sakit akibat sindrom piriformis dapat menyebar ke tungkai bagian bawah dan akan memburuk ketika Anda berjalan atau jongkok. Tanda lain yang mungkin Anda rasakan namun tidak disadari adalah rasa sakit yang muncul ketika buang air, beranjak bangun dari kasur, sakit di area organ kelamin, nyeri saat menggerakkan paha dan sulit duduk.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Apabila tidak ditangani, nyeri akibat sindrom piriformis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih karena nyeri ini dapat terpicu ketika sedang duduk, berlari, naik tangga, hingga jika otot piriformis ditekan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kondisi nyeri panggul yang Anda alami. Silahkan menghubungi customer care relation Lamina pain and Spine Center, melalui Hp/WA 0812 8281 8473.

10 Comments
  1. Balas
    Lisa

    Terima kasih informasinya dokter ttg pirisformis.

    • Balas
      Admin Lamina

      Sama-sama ibu Lisa semoga membantu. Jika ada keluhan terkait nyeri dan masalah tulang belakang, silahkan datang ke klnik kami. Terimakasih

  2. Balas
    David

    Dok pinggang sampai ke bokong saya ada seperti nyeri dan pegal,bokong di pijir pakai tangan swndiri ada rasa sakit dok.
    Jd rasanya gak nyaman dok.
    Itu knp ya dok dan obat apa yg perlu saya minum?
    Tks dok

    • Balas
      Admin Lamina

      Nyeri di pinggang atau bokong dapat disebabkan berbagai kondisi, mulai dari maslah otot, tulang sekitar pinggang hingga saraf. Terapi bisa dimulai dengan obat oral, silahkan datang ke klnik kami untuk mendapatkannya. Disempatkan waktunya pak David. Terimakasih

      • Balas
        Muhammad Fakhri

        Apakah piriformis syndrome bisa disembuhkan tanpa operasi ya?. Terimakasih

  3. Balas
    Tri Wulanjari

    Dok, mau nanya saya ada penyempitan di L4-5, udh di MRI .tindakan pertama fisioterapi, tpi tidak mengurangi rasa sakit sy, kemudian saya akupuntur, gk berkurang juga sampai akhirnya saya bener2 gak bisa jalan dan bangunpun susah, pinggang bokong Ampe kaki kaki sakit kaya ketarik Ampe tungkai, akhirnya sy di rawat dan tindakan yg dilakukan hanya obat dan suntik di bokong…bertahan 7 hari Dok, saya gak bisa bangun n jalan lagi,sampai akhirnya saya ke spesialis tulang belakang, akhirnya operasi Krn ada pengapuran yg sudah parah, operasi 24 Januari sampai skr sy belum bisa jalan dan masih tersiksa sakitnya apalagi kalau bangun tidur.sebaiknya apa yang harus saya lakukan?

  4. Balas
    Agustinus

    Halo Dokter….saya mau tanya , mengapa pada bagian bokong kiri teras seperti nyeri pada saat tidur maupun duduk tetapi ngak terlalu sakit. Apakah ini gangguan yang disebut piriformis sindrom atau apa ada jenis penyakit lain? Kalau saat sudah tertidur tidak terasa tetapi kalau bangun tidur terasa nyeri , pada saat jalan ngak terasa tetapi pada saat duduk terasa nyeri kalau duduk di kursi kayu. Tetapi kalau duduk di kursi sofa atau yang berspon tidak terasa nyeri. Kadang saya berikan minyak gosong hangat dan terasa ringan tetapi kalau sudah hilang rasa hangat karena minyak maka akan terasa nyeri lagi. Apakah ini termasuk gejala piriformis sindrom atau apa gitu dokter. Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi atau mengobati nyeri ini, dokter??? Mohon penjelasan dari dokter Terimakasih kasih banyak dokter.

    • Balas
      Admin Lamina

      Pak Agustinus, kemungkinan itu ada. Silahkan coba putar atau rotasi kaki yang sakit ke bagian dalam, apakah nyerinya bertamabah berat? kalau bertambah berat sat dilakukan rotasi ke bagian dalam kemungkinan benar piriformis sindrome. tapi jika tidak kemungkinan kondisi lain yang memerlukan pemrriksaan lebih lanjut. Terimakasih.

  5. Balas
    Sidarta

    Mo tanya, thn 2003 sy pernah kena HNP kata dokter L-5. Seminggu ini kumat lagi dgn sakit yg sama daerah yg sama tp kaki masih bisa ditekuk. To skrang pantat trs sakit. Simdroma apkh in ?.

    • Balas
      Admin Lamina

      Ada kemungkinan gejala HNP di L4-5 muncul kembali pak. Sebaiknya lakukan pemeriksaan radiologi kembali untuk melihat kondisi tulang belakang dan syaraf terkini. Silahkan datang ke klnik kami. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini