Manfaat Daun Bakung untuk Mengatasi Saraf Kejepit

Daun bakung selain untuk mengobati patah tulang atau kaki terkilir, ternyata juga digunakan untuk mengatasi saraf kejepit. Saraf kejepit merupakan kondisi yang terjadi akibat bantalan tulang bergeser dari posisinya, menonjol keluar dan menekan saraf di sekitarnya. Anda akan merasakan gejala yang berbeda tergantung pada posisi saraf yang tertekan. Misalnya, pada saraf kejepit leher akan timbul nyeri yang bisa menjalar sampai ke bahu, lengan hingga pergelangan tangan. 

Mengalami Saraf Kejepit Setelah Cedera

nyeri pinggang belakang bawah

Berbagai hal memang dapat menyebabkan saraf kejepit. Bukan hanya karena cedera berolahraga, terjatuh atau terbentur benda keras, namun postur tubuh yang  tidak baik pun bisa menjadi pemicu terkena saraf kejepit. Misalnya, saat duduk terlalu membungkuk atau bermain smartphone dengan posisi leher yang sering menunduk. 

Meski demikian, faktor utama saraf kejepit yakni akibat proses degeneratif. Ketika Anda semakin menua, maka tulang, tulang rawan, atau jaringan lain pada tubuh juga mengalami degenerasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan bantalan tulang menonjol dan menekan saraf. 

Selain itu, penyakit tertentu juga bisa meningkatkan risiko saraf kejepit, seperti radang sendi (arthritis), diabetes, ataupun multiple sclerosis.

Cara Mencegah Nyeri Memburuk

Saraf kejepit bisa menimbulkan nyeri ringan hingga menjalar ke area tubuh lainnya. Bahkan, pasien juga sering mengeluhkan rasa kebas, kesemutan dan kelemahan otot sehingga menyebabkan kesulitan beraktivitas. Untuk mencegah nyeri memburuk, mulailah lakukan hal-hal berikut ini: 

  • Menjaga postur tubuh dengan baik 
  • Hindari mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang salah
  • Rutin berolahraga dan menjaga asupan gizi seimbang untuk kesehatan yang optimal di masa tua
  • Minum obat pereda nyeri dan beristirahatlah secukupnya
  • Jangan melakukan gerakan secara mendadak dan berulang kali
  • Periksakan diri sedini mungkin ke dokter spesialis bedah saraf jika mengalami keluhan nyeri berkepanjangan (kronis)  di leher, punggung ataupun pinggang

Cobalah Daun Bakung untuk Redakan Nyeri

Daun bakung yang memiliki nama latin Crynum Asiaticum L merupakan obat alami untuk membantu menyembuhkan saraf kejepit. Cara membuat ramuannya yaitu ambillah selembar daun bakung dan cucilah sampai bersih. Setelah bersih, panggang daun bakung di atas api kecil sampai layu. Kemudian, oleskan daun dengan minyak kelapa sampai merata dan tempelkan ke bagian tubuh yang terasa sakit karena saraf kejepit. Anda bisa melakukan cara ini hingga beberapa kali sampai rasa nyeri membaik.

Selain daun bakung, ada beberapa obat tradisional lainnya, seperti daun alpukat, daun sirsak, ataupun kencur. Bahan-bahan alami tersebut dapat diracik dengan merebusnya dan meminumnya secara rutin. 

Namun, jika gejala menetap dan Anda semakin sulit menggerakkan anggota tubuh, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke Lamina Pain and Spine Center.

Baca juga: Yuk Coba! Obat Tradisional Ini Ternyata Ampuh Mengatasi Saraf Kejepit di Kaki

Sembuhkan Saraf Kejepit dengan Tuntas

Pilihan pengobatan terkini di Lamina salah satunya adalah dengan endoskopi BESS. BESS atau Biportal Endoscopic Spine Surgery adalah prosedur medis yang dilakukan dengan membuat dua sayatan pada tubuh untuk memasukkan alat dekompresi endoskopi. Alat ini juga mencakup kamera khusus yang terhubung dengan layar monitor HD untuk melihat posisi saraf yang terjepit. 

Selanjutnya, dokter akan mengambil atau membuang bantalan tulang yang menekan saraf dan Anda pun terbebas dari rasa nyeri. Prosedur ini bukan merupakan operasi bedah terbuka sehingga risiko terjadi komplikasi juga minimal. Tanpa perlu rawat inap, Anda bisa langsung pulang dan kembali beraktivitas. 

Lakukan kontrol pasca tindakan untuk hasil kesembuhan yang lebih optimal dan hinadri hal-hal yang bisa membuat kambuh saraf kejepit. Tetaplah beristirahat dengan cukup dan lakukan peregangan ringan untuk mencegah kekakuan pada otot dan sendi.

Apabila memiliki keluhan nyeri leher atau pinggang, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina Pain and Spine Center. Anda bisa menghubungi Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat kami via whatsapp ke 0811-1443-599. 

Untuk Anda yang terkendala jarak dan tidak bisa datang langsung ke klinik, bisa melakukan telekonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah saraf Lamina. Sebagai tambahan, klinik kami bertempat di beberapa lokasi strategis, yaitu di Lamina Mampang, Lamina Cibubur, Lamina Pulomas, dan Lamina Kuningan. 

Yuk, konsultasi sekarang agar saraf kejepit dapat tertangani dengan tepat hanya di Lamina Pain and Center!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

registrasi@lamina.co.id

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Jadwal Praktik


Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS

Senin   : 13:00 - Selesai
Rabu    : 13:00 - Selesai
Jumat  : 13:00 - Selesai


Dr. Bismo Nugroho, SpBS

Rabu    : 14:30 - 17:00
Kamis  : 14:00 - 17:00


Dr. Victorio, SpBS, FINPS

Selasa  : 17:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 18:00


Dr. Faisal, M.Ked (Neurosurg), Sp.BS

Senin    : 10:00 - 13:00
Selasa   : 10:00 - 13:00
Rabu     : 10:00 - 13:00
Kamis   : 10:00 - 13:00
Jumat   : 10:00 - 13:00


Prof. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


Dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


Dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin   : 10:00 - 15:00
Rabu     : 10:00 - 14:00
Jumat  : 10:00 - 12:00


dr. Ratih Puspa, Sp.N

Selasa     : 17:00 - 20:00
Kamis     : 17:00 - 20:00