arthralgia adalah nyeri pada sendi

Arthralgia Adalah Si Penyebab Nyeri Sendi

Arthralgia atau dalam bahasa Indonesia adalah atralgia artinya nyeri pada sendi. Kata ini berasal dari Yunani (arthro = sendi dan algos = nyeri).

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menimbulkan Arthralgia, antara lain adalah:

  1. Cedera
  2. Infeksi
  3. Masalah pada sistem imun tubuh
  4. Penyakit degeneratif

Namun menurut United States National Library of Medicine, istilah Arthralgia ini sebaiknya tidak digeneralisir untuk semua kondisi. Dan sebaiknya digunakan saat mendeskripsikan nyeri sendi tanpa adanya proses peradangan yang mengenai sendi. Bila disertai dengan peradangan atau inflamasi maka dikenal dengan istilah artritis.

Selain itu, Crohn’s & Colitis Foundation of America (CCFA) mengartikan Arthralgia adalah nyeri pada persendian (tanpa disertai pembengkakan). Beda dengan artritis yakni peradangan sendi disertai dengan nyeri dan bengkak.

Atralgia ini bisa terjadi di berbagai sendi di tubuh termasuk tangan, lutut dan pergelangan kaki.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Mirip dengan ulasan dari Johns Hopkins Medicine yang mengartikan Arthralgia adalah kaku sendi, sedangkan artritis sebagai peradangan sendi yang menimbulkan nyeri, kekakuan, dan bengkak pada sendi, otot, tendon, ligamen atau tulang.

Penyebab Arthralgia Adalah

Atralgia dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Nyeri pada satu sendi (nyeri monoartikular)
  • Nyeri lebih dari satu sendi (nyeri poliartikular)
  • Nyeri yang memerlukan perawatan segera
  • Nyeri punggung atau pinggang
  • Nyeri non spesifik atau nyeri otot

Nyeri pada satu sendi biasanya nyeri timbul saat beraktivitas, mereda saat beristirahat dan tidak disertai dengan bengkak, rasa hangat dan kemerahan di sendi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh:

  1. Cedera sendi
  2. Infeksi sendi
  3. Rotator cuff syndrome
  4. Bursitis (area olekranon, patella, trochanter)
  5. Plantar fasciitis
  6. Tendonitis Achilles

Bila nyeri dirasakan di lebih dari satu sendi, penyebabnya terdiri dari inflamasi dan non inflamasi. Untuk non inflamasi yang tersering disebabkan oleh osteoarthritis dan fibromialgia (ditandai dengan nyeri di seluruh tubuh disertai dengan kelelahan berat dan gangguan tidur).

Sedangkan penyebab inflamasi adalah rheumatoid arthritis, asam urat, lupus eritematosus sistemik (SLE), artritis psoriatik, dan lainnya.

Penyebab nyeri sendi yang memerlukan perawatan segera mencakup infeksi misalnya pada artritis septik dan osteomielitis (infeksi pada tulang), cedera atau fraktur, dislokasi, kerusakan pada pembuluh darah di area sendi dan saraf yang bisa disebabkan oleh cedera atau kanker.  Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri dan sendi terkunci tidak dapat bergerak.

arthralgia adalah nyeri pada sendi

Arthralgia adalah nyeri pada sendi

Terdapat beberapa penyebab nyeri yang mengenai punggung secara keseluruhan atau punggung bawah khususnya. Nyeri bisa mereda dalam beberapa hari atau memanjang bila sering berdiri lama.

Nyeri pada sendi area ini bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada saraf yang disertai dengan gejala lain seperti kesemutan, mati rasa pada anggota tubuh bagian bawah (tungkai).

Penyebabnya antara lain cedera berulang, cedera whiplash, sciatica, osteoporosis yang berpeluang sebabkan patah tulang belakang, menonjolnya bantalan ruas tulang belakang (hernia nukleus pulposus/HNP atau saraf terjepit).

Penyebab nyeri sendi nonspesifik adalah fibromyalgia yang dapat mengganggu aktivitas, fatigue/kelelahan dan depresi.

Selain itu, arthralgia bisa timbul akibat kesalahan saat bergerak (keseleo), atau penyakit infeksi misalnya adalah influenza, demam rematik, hipotiroid, dislokasi sendi dan lainnya.

Terapi Arthralgia

Tujuan dilakukannya terapi pada atralgia ini adalah memperbaiki atau meningkatkan fungsi sendi dan meredakan nyeri agar kualitas hidup Anda menjadi lebih baik.

  1. Melakukan peregangan otot untuk membantu memperkuat otot dan gerakan sendi. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai latihan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.
  2. Dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu seperti antinyeri atau antiradang.
  3. Injeksi kortikosteroid yang dapat membantu mengurangi pembengkakan sendi.
  4. Menerapkan gaya hidup sehat seperti makanan bergizi, menurunkan berat badan bila Anda termasuk obesitas atau mempertahankan berat badan ideal.
  5. Melakukan olahraga di air misalnya water therapy atau berenang.
  6. Menggunakan brace/korset atau alat bantu lainnya untuk membantu memperbaiki mobilitas sendi.
  7. Kompres sendi, baik dengan dingin atau hangat.
  8. Istirahat yang cukup.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Lamina Pain and Spine Center adalah pusat terapi nyeri dan tulang belakang termasuk arthralgia. Dengan dukungan dokter spesialis handal, siap membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi care line officer kami melalui HP/Wa tertera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini