Osteomielitis

Osteomielitis Jangan Anda Sepelekan, Berpotensi Amputasi

Osteomielitis adalah infeksi tulang, yang menyebabkan peradangan baik pada tulang maupun sumsum tulang belakang. Infeksi tulang yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh lewat luka atau penyebaran infeksi lewat darah. Infeksi dapat mencapai tulang melalui aliran darah atau menyebar dari jaringan di dekatnya.

Osteomielitis juga dapat dimulai dari tulang itu sendiri jika cedera terbuka dapat dimasuki oleh kuman. Osteomielitis adalah penyakit yang jarang terjadi, penyakit ini hanya terjadi pada 2 dari 10.000 orang, namun kondisi tersebut berpotensi berbahaya apabila kita tidak menyadarinya sejak dini.

Osteomielitis lebih sering diderita oleh anak-anak dan umumnya ditandai dengan demam, malaise, dan rasa nyeri pada bagian yang terserang. Ada dua jenis osteomielitis, yaitu akut dan kronis.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Gejala Osteomielitis

Gejala osteomielitis akut bisa berupa nyeri tulang, demam, serta pembengkakan dan kemerahan pada area yang terinfeksi. Dapat juga muncul pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar area yang terinfeksi sehingga membatasi pergerakan tubuh. Biasanya nyeri tulang yang dirasakan pada kondisi ini cenderung parah.

Baca juga : Operasi saraf kejepit

Osteomielitis

Infeksi tulang osteomielitis

Osteomielitis akut kerap menimpa tulang panjang di daerah kaki. Selain bagian tersebut, tulang punggung dan lengan juga menjadi lokasi yang biasanya kena dampak. Sedangkan osteomielitis kronis merupakan infeksi tulang yang berulang.

Beberapa gejala yang bisa muncul pada kasus osteomielitis kronis adalah;

  1. Nyeri tulang
  2. Pembengkakan di area yang terinfeksi
  3. Tubuh terasa lelah tanpa alasan
  4. Menggigil dan mengeluarkan keringat berlebihan
  5. Perubahan kulit
  6. Mengalirnya nanah dari saluran sinus dekat tulang yang terinfeksi

Apabila penderita merasakan nyeri terus-menerus pada tulang atau mengalami demam tinggi, segera periksakan diri ke dokter. Namun sebagian anak-anak terkadang tidak bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan pada orang tua. Karena itu, para orang tua wajib waspada apabila anak terlihat enggan menggerakkan bagian tubuh tertentu, nafsu makan berkurang dan rewel berkepanjangan.

Osteomielitis tergolong  infeksi serius yang membutuhkan pengobatan yang cepat dengan obat antibiotik. Pengobatan dengan jalan operasi biasanya diperlukan jika infeksi menjadi parah atau persisten. Paling umum dapat terjadi  tulang beberapa  panjang di kaki (femur, tibia dan fibula), tapi bagian tulang lainnya juga dapat terkena, seperti di bagian belakang atau lengan.

Dalam kebanyakan kasus, disebabkan oleh bakteri staphylococcus, yakni jenis kuman yang biasa ditemukan pada kulit atau pada hidung, bahkan pada orang yang sehat. Kuman bisa masuk ke tulang dengan berbagai cara, termasuk aliran darah.

Bisa juga Karena Kuman

Kuman di bagian lain dari tubuh anda – misalnya, dari pneumonia atau infeksi saluran kemih – dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah anda ke bagian tulang yang lemah. Pada anak-anak osteomielitis paling sering terjadi di daerah yang lebih rapuh (disebut grow plates).Kontaminasi langsung dapat terjadi jika anda mengalami patah tulang yang parah hingga salah satu bagian tulang mencuat ke luar melalui kulit anda.

Kontaminasi langsung juga dapat terjadi selama operasi penggantian sendi atau perbaikan patah tulang. Salah satu hal penyebab umum pasien penderita osteomielitis adalah melemahnya kekebalan tubuh akibat berbagai kondisi, sehingga pasien semakin rentan terserang infeksi bakteri.

Terapi Dan Tindakan Preventif Mengatasi Osteomielitis

Biasanya pasien akan segera diberikan obat Antibiotik, tujuannya adalah untuk menghentikan penyebaran, membunuh kuman (bakteri) yang menyebabkan osteomielitis.

Pengobatan yang dilakukan pada kasus osteomielitis tergantung dari tingkat keparahan kondisi., jika masih belum terlalu parah, dokter biasanya hanya akan meresepkan antibiotik untuk meredakan infeksi. Namun pada kasus yang lebih serius, selain pemberian antibiotik, dokter kemungkinan akan menyarankan tindakan pembedahan.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Langkah pembedahan bertujuan mencegah penyebaran infeksi dan menghindarkan pasien dari amputasi. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit osteomielitis berisiko menimbulkan komplikasi. Beberapa komplikasi tersebut di antaranya:

  • Septic arthritis atau menyebarnya infeksi dari dalam tulang ke sendi terdekat
  • Osteonekrosis atau kematian tulang akibat terhalangnya sirkulasi darah di dalam tulang
  • Pertumbuhan tulang secara abnormal pada anak-anak
  • Kanker kulit

Cara terbaik mencegah osteomielitis adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu seseorang terkena penyakit tersebut. Jika Anda memiliki luka, bersihkan luka tersebut dan tutup dengan perban steril. Jika luka cukup parah, temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selanjutnya periksakan luka tersebut secara rutin sesuai jadwal yang dokter tentukan. Untuk memperlancar sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Pola Hidup Sehat

Beberapa contoh pola hidup sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan kaya serat dan rutin olahraga. Serta menghindari rokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan. Karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan nyeri Anda bersama Lamina Pain and Spine Center.

2 Comments
  1. Balas
    Tio

    Selamat Siang, Izin bertanya dok, apakah pada kasus luka diabetes dengan osteomyelitis yang sudah tidak menimbulkan gejala seperti demam, dll, setelah diberikan antibiotik, bahkan sudah ada daging yang mau tumbuh menutupi tulangnya masih harus diamputasi bagian tersebut??

    • Balas
      Admin Lamina

      Dokter akan melihat kondisi pasien secara klinis, ini sangat individual. Jika memang masih ragu dengan keputusan dokter sebaiknya cari second opinion ke dokter lain dengan kompetensi medis yang sama. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini