Nyeri Punggung Usai Melahirkan

Nyeri Punggung Usai Melahirkan Tidak Hilang ? Segera Cek ke Dokter

0Shares

Ketika sedang mengandung, menjadi hal yang umum ketika ibu sering mengeluh nyeri di area punggung. Namun jika Nyeri Punggung Usai Melahirkan Tidak Hilang ? Segera Cek ke Dokter. Biasanya, kondisi itu tidak akan dirasakan lagi oleh ibu setelah mereka melahirkan si kecil. Seperti diungkapkan dr Sri Wahyuni SpKFR dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang atau yang saat ini dikenal sebagai Lamina Pain and Spine Center. “Wanita hamil pasti posturnya akan berubah di mana tulang belakang akan lebih melengkung untuk mengimbangi perut yang makin besar,” jelasnya.

thabit cs lamina

Nyeri punggung usia melahirkan

Namun, setelah melahirkan kondisi tulang biasanya akan kembali normal. “Nyeri punggung pada ibu hamil sifatnya fungsional, artinya setelah melahirkan umumnya sudah tidak dirasa dan bisa diatasi dengan men-stretching otot belakang dan otot perut,” terang dr Ade di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, Jl Warung Jati Barat No 34, Jakarta Selatan.

Namun, lanjut dr Ade, jika nyeri punggung tetap dirasa bahkan setelah ibu melahirkan, perlu dicek kembali apakah ada penyakit penyerta yang muncul sejak sebelum hamil dan berpengaruh pada nyeri di punggung, apakah ada kelainan tulang belakang, atau setelah 9 bulan mengandung memang struktur tulang belakang mengalami perubahan.   Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama

Lebih lanjut, nyeri punggung usai melahirkan selain disebabkan oleh meningkatnya beban tubuh, seperti disebutkan diatas. Kondisi ini juga dapat disebabkan adanya peregangan otot perut, bertambahnya berat tubuh, serta adanya perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan.

Nyeri punggung usai melahirkan dapat disebabkan karena posisi tubuh dan adanya kontraksi selama persalinan> hal lain yang juga dapat berperan belum terbiasanya menggendong Si Kecil, terutama pada ibu-ibu muda yang baru melahirkan anak pertamnya. Hingga permasalah pada postur tubuh ketika menyusui yang kurang tepat. Lantas, cara apa saja yang bisa dilakukan para ibu, untuk mengatai hal ini? Berikut ini beberapa tipsnya.

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang
Cara Mengatasi Nyeri Punggung Usai Melahirkan

Sakit punggung usai melahirkan dapat hilang dengan sendirinya kurang dari satu bulan pasca melahirkan. Namun, pada beberapa kondisi diperlukan trik khusus untuk mengatasinya, diantaranya:

  1. Olahraga
    Olahraga, selain baik untuk kesehatan ternyata bermanfaat mengurangi risiko sakit punggung pada waktu hamil. Olahraga juga dapat mengembalikan kekuatan otot. Kondisi ini selanjutnya membuat para ibu muda, atau ibu pasca melahirkan terhindar dari nyeri punggung yang sangat mengganggu. Beberapa jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi nyeri punggung usai melahirkan adalah dengan cara renang atau melakukan yoga. Saat Anda melahirkan dengan operasi caesar, berolahraga memang tidak disarankan para akhi. Paling tidak selama 6 minggu pasca melahirkan. Sebelum melakukan aktivitas olahraga, sangat disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Tujuannya memastikan keamanannya aktivitas yang dilakukan.
  2. Perhatikan posisi menyusui yang Baik dan Benar
    Menyusui dengan posisi tepat akan mengurangi dan mencegah risiko nyeri punggung usai melahirkan. Jika memungkinkan, Ibu disarankan untuk duduk pada kursi yang memiliki sandaran lengan. DIsamping juga menggunakan bantal sebagai penyangga punggung Ibu saat sedang melakukan proses menyusui. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat nyeri punggung. Pastikan juga posisi kaki Ibu yang sedang menyusui menyentuh lantai, tidak menggantung.
  3. Mandi menggunakan Air Hangat
    Untuk mengatasi nyeri punggung usai melahirkan, Anda dapat mencoba mandi dengan air hangat. Dari beberapa literatur yang ada Air hangat bermanfaat untuk merelaksasi otot yang tegang. Supaya aman, pastikan suhu air yang Anda gunakan tidak terlalu panas. Kondisi ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, buat senyaman mungkin suhu airnya. Saat sedang malas untuk mandi, Anda dapat menggunakan air hangat atau bahkan air dingin untuk mengatasi nyeri punggung. Usahakan kompres mengunakan kain yang halus atau lembut sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Hindari Mengangkat Beban Berat


Pasca melahirkan, hindari kegiatan atau aktivitas mengangkat beban atau benda-benda di sekeliling rumah yang berat. Terlebih jika Anda melahirkan melalui operasi caesar, hindari aktivitas initerutama saat jahitan luka di perut belum kering.

Jika memang tetap harus mengangkat atau mengendong pastikan punggung Anda tetap pada posisi yang tepat saat mengangkat beban, yakni pada posisi badan lurus. Dengan lutut yang di tekuk dan sebagai tumpuan untuk mengangkat benda atau beban berat tersebut.

Peregangan Sebelum Tidur Atasi Nyeri Punggung Usai Melahirkan

Peregangan atau relaksasi sebelum tidur, dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya; peregangan tubuh, latihan pernapasan, hingga melakukan pijatan di punggung. Disisi lain melakukan kegiatan peregangan sebelum tidur dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Saat nyeri punggung usai melahirkan terasa sangat mengganggu atau bahkan menghambat aktivitas sehari-hari. Dengan sudah melakukan beberapa cara diatas, Anda disarankan untuk melakukan perawatan ke pada dokter. Ini dilakukan guna menyingkirkan penyebab lain seperti masalah syaraf terjepit. Atau saat nyeri punggung yang Anda alami disertai demam. Dokter akan melakukan langkah terbaik untuk mengatasi nyeri punggung yang anda alami baik dengan pemberian obat, atau menyarankan untuk melakukan fisioterapi hingga pemeriksaan penunjang lain seperti radiologi, guna mengetahui penyebab utama nyeri punggung usai melahirkan yang Anda alami.

 

Terakhir diperbarui: 29 Februari 2020
Ditinjau oleh: dr. Sri Wahyuni SpKFR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini