Apakah Berjalan Baik untuk Mengatasi Nyeri Punggung Bawah?

Nyeri punggung bawah adalah salah satu masalah kesehatan umum yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Nyeri ini bisa terjadi akibat berbagai sebab, termasuk postur buruk, cedera, tekanan berlebih, dan gaya hidup yang kurang aktif. Salah satu cara yang cukup efektif dalam menguranginya adalah berjalan. Tetapi, apakah berjalan benar-benar bermanfaat dan efektif dalam mengatasi masalah ini? 

Manfaat Berjalan untuk Redakan Nyeri Punggung Bawah

Ada beberapa manfaat berjalan yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

Meningkatkan Kelenturan dan Kekuatan Otot

Berjalan secara teratur dapat membantu meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot di sekitar area punggung bawah. Otot yang kuat dan fleksibel dapat membantu menjaga stabilitas tulang belakang dan membantu mencegah cedera serta meredakan nyeri.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berjalan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area punggung bawah. Sirkulasi yang baik membantu memberikan nutrisi dan oksigen yang cukup ke otot dan jaringan, yang dapat mempercepat proses penyembuhan jika ada kerusakan atau peradangan.

Mengurangi Tekanan pada Tulang Belakang

Berjalan dengan postur yang benar dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang, terutama jika sebagian besar aktivitas sehari-hari kita melibatkan posisi duduk yang berkepanjangan. Dengan berjalan, kita memperkecil risiko gaya hidup yang kurang aktif yang sering berhubungan dengan nyeri punggung bawah.

Manfaat Psikologis

Berjalan juga memiliki manfaat psikologis yang seringkali diabaikan. Aktivitas fisik seperti berjalan dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Dalam beberapa kasus, stres yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan ketegangan otot dan menyebabkan rasa sakit.

Baca juga: Jangan Abaikan Nyeri Punggung Bawah, Kenali Penyebabnya!

Seberapa Efektif Berjalan untuk Penderita Nyeri Punggung Bawah?

Nyeri Punggung Bawah, Manfaat Berjalan - Klinik Nyeri Tulang Belakang

Dalam sebuah penelitian, jalan kaki terbukti efektif untuk mengurangi nyeri kronis, serta meningkatkan daya tahan otot di punggung bawah. Berjalan bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah atau memperbaiki kondisi nyeri Anda. Mulailah berjalan dalam waktu yang singkat terlebih dahulu, lalu lanjutkan secara bertahap.

Jika rasa sakit terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter yang berpengalaman untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, cobalah untuk memperhatikan postur dan teknik berjalan yang benar, serta kombinasikan dengan latihan fisik lainnya yang dapat memperkuat otot-otot tubuh secara keseluruhan untuk mengurangi risiko nyeri punggung bawah di masa mendatang.

Referensi

  1. Suh, JM, Kim, Hayoung BS, Jung GP, Ko JY, Ryu JS. The effect of lumbar stabilization and walking exercises on chronic low back pain. Medicine. 2019;98(26).

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Pengaruh Jalan Kaki untuk Mengatasi Nyeri Punggung Bawah?

Dalam sebuah penelitian, jalan kaki terbukti efektif untuk mengurangi nyeri kronis serta meningkatkan daya tahan otot di punggung bawah. Berjalan bisa menjadi cara untuk memperbaiki nyeri punggung bawah. Mulailah berjalan dalam waktu yang singkat lalu lanjutkan secara bertahap

Apa Saja Manfaat Berjalan untuk Meredakan Nyeri Punggung Bawah?

Berjalan Memiliki Manfaat yang Baik, diantaranya adalah: 1. Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot 2. Meningkatkan sirkulasi darah 3. Mengurangi tekanan pada tulang belakang 4. Manfaat psikologis

Apa Manfaat Biologis dari Berjalan Kaki?

Aktifitas fisik seperti berjalan kaki dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati. Dalam beberapa kasus, stress yang berlebih dapat meningkatkan ketegangan otot dan menyebabkan rasa sakit

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

registrasi@lamina.co.id

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Jadwal Praktik


Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS

Senin   : 13:00 - Selesai
Rabu    : 13:00 - Selesai
Jumat  : 13:00 - Selesai


Dr. Bismo Nugroho, SpBS

Rabu    : 14:30 - 17:00
Kamis  : 14:00 - 17:00


Dr. Victorio, SpBS, FINPS

Selasa  : 17:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 18:00


Dr. Faisal, M.Ked (Neurosurg), Sp.BS

Senin    : 10:00 - 13:00
Selasa   : 10:00 - 13:00
Rabu     : 10:00 - 13:00
Kamis   : 10:00 - 13:00
Jumat   : 10:00 - 13:00


Prof. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


Dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


Dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin   : 10:00 - 15:00
Rabu     : 10:00 - 14:00
Jumat  : 10:00 - 12:00


dr. Ratih Puspa, Sp.N

Selasa     : 17:00 - 20:00
Kamis     : 17:00 - 20:00