Nyeri Kaki Ini Penyebab dan Terapi yang Dapat Dilakukan

Kaki, merupakan bagian tubuh yang menumpu semua beban tubuh kita sehari-hari. Fungisnya yang amat penting ini menjadikan kaki sebagai bagian tubuh yang harus kita jaga kondisinya. Atau dengan kata lain terbebas dari nyeri kaki.

Meski kita berharap kaki kita baik-baik saja, ada kalanya bagian tubuh kita ini harus mengalami pegal, keram, atau bahkan nyeri yang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi kesehatan seperti adanya pembekuan darah, masalah otot hingga persarafan pada kaki. Pada kondisi seperti ini, istirahat yang cukup merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan nyeri kaki Anda.

Nyeri Kaki karena Masalah Tulang, Sendi dan Otot

Sering kali kita mendengar rekan atau keluarga kita sendiri mengalami kram pada kaki. Kondisi ini dapat menyerang kapan saja bahkan saat seseorang tertidur, saat beraktivitas atau yang juga sering terjadi ketika kita sedang duduk nyaman di kantor atau kelas. Dalam dunia kedokteran nyeri kaki yang terjadi secara tiba-tiba diikuti dengan keram yang cukup intens disebut sebagai “Charley horse”. Kondisi ini menunjukan sedang terjadi masalah pada tubuh Anda.


syaraf kejepit endoskopi PELD lamina

Jangan coba menyepelekan nyeri kaki ini, karena seiring waktu kondisinya akan bertambah berat. Menurut pakar kesehatan dunia dan dokter Wawan Mulyawan SpBS, SpKP dari Lamina Pain and Spine Center RS Meilia Cibubur, Depok, Charley horse terjadi ketika otot-otot kaki mengalami dehidrasi. “Minum air yang cukup setiap hari, membuat tubuh dan kaki terhidrasi dengan baik dapat mengurangi terjadinya nyeri atau keram pada kaki kita,” jelasnya.

Hal lain yang dapat dilakukan ketika kita mengalami nyeri kaki atau keram adalah dengan meregangkan kaki sementara. Dapat juga dilakukan seperti melakukan pemanasan otot-otot kaki seperti saat kita hendak melakukan olah raga. Disisi lain memberikan pijatan lembut diseluruh area kaki juga dapat membantu mengurangi keram atau nyeri kaki tersebut.

Penyebab Nyeri Kaki

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang sering menyebabkan nyeri kaki atau ketegangan pada kaki diantaranya:

Shin splints – Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri dibagian depan betis Anda. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena otot disekitar tulang kering mengalami peradangan. Gejala yang umum terjadi pada shin splints ini diantaranya sakit ketika berjalan, berlari, atau melompat. Penyebab utama shin splints adalah melakukan gerakan berulang di permukaan keras aau tidak rata. Bentuk telapak kaki yang datar juga meningkatkan terjadinya shin splints.

Mengistirahatkan kaki merupakan cara termudah yang dapat dilakukan. Dapat juga di lanjutkan dengan kompres dingin pada bagian yang mengalami nyeri. Penggunaan obat anti inflamasi seperti Aspirin, Ibuprofen dan Naproxen juga dianjurkan. “Saat konsumsi obat-obatan tidak memberikan hasil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang ahli dalam mengatasi masalah nyeri pada kaki. Karena kemungkinan penyebab lain yang membutuhkan diagnosis dokter,” jelas Wawan.

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon