Nyeri pinggang hamil muda

Wajarkah Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil Muda?

0Shares

Proses kehamilan merupakan sebuah tahapan kehidupan yang sangat membahagiakan bagi kaum wanita yang sudah melalui proses pernikahan, tetapi wajarkah rasa sakit pinggang pada ibu yang hamil muda?

Seiring dengan semakin berkembangnya janin didalam kandungan, semakin tak sabar untuk menunggu kehadiran sang buah hati. Namun selama proses hamil muda tersebut, tak jarang para ibu sering mengeluh mengenai sakit yang dirasakan disekitar pinggang.

Terutama ketika kandungan semakin membesar, rasa nyeri tersebut menjadi lebih sakit, bahkan rasa nyeri tersebut dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Penyebab Nyeri Pinggang pada Hamil Muda

Setidaknya faktor penyebab rasa nyeri tersebut dapat dibagi dua, yaitu dari faktor internal, dan eksternal tubuh. Faktor internal sendiri dikarenakan hormon estrogen dan relaksin dalam tubuh yang meningkat. Sehingga mengakibatkan jaringan otot dan sendi-sendi di tubuh jadi melunak/ lentur dan memungkinkan ligamen di daerah panggul menjadi longgar.

Pergeseran pada sendi dan mengendurnya ligamen ini dapat mempengaruhi beban kerja dari tulang belakang. Apabila hal ini tidak ditoleransi dengan baik, maka terjadilah sakit pinggang saat hamil.

Nyeri pinggang hamil muda

Nyeri pinggang hamil muda

Faktor internal lain yang juga berperan adalah bertambahnya berat badan Ibu hamil. Pada kehamilan yang normal, pertambahan berat badan dapat mencapai 11 hingga 15 kilogram. Pada kondisi ini tulang belakang harus menopang berat tubuh yang bisa memicu sakit pinggang.

Selain itu, berat bayi yang tumbuh juga dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah dan saraf di punggung sehingga bagian pinggang wanita hamil muda rentan mengalami sakit.

Sementara untuk faktor eksternal ditambah lagi jika para ibu sering melakukan kesalahan posisi tubuh ketika beraktifitas atau salah posisi tidur. Kondisi ini semakin memicu rasa sakit di daerah pinggang ataupun punggung.

Baca juga : Piriformis syndrome

Faktor eksternal lain yang menyebabkan nyeri pinggang pada ibu hamil muda adalah pemisahan pada otot. Saat rahim mengembang, dua otot paralel (otot abdominis rektal) yang berada dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat terpisah. Saat kondisi ini terjadi, perasaan sakit pada punggung dan pinggang akan semakin intens, pada wanita yang hamil muda.

Segera lakukan konsultasi dengan Klinik Lamina Pain and Spine Center, karena ditangani langsung dengan  dr. Mahdian Nur Nasution SpBS yang merupakan dokter spesialis tulang belakang yang sudah berpengalaman. Lihat video edukasi terapi nyeri di Lamina Klinik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini