Vitamin saraf tulang belakang

Vitamin Saraf Tulang Belakang Yang Dianjurkan Dokter

0Shares

Neuropati mengambarkan sebuah kondisi medis yang menyebabkan saraf mengalami iritasi yang ditandai dengan gejala nyeri, kondisi ini dapat terjadi pada seluruh tubuh termasuk diantaranya tulang belakang. Neuropati muncul sebagai komplikasi dari penyakit lain seperti diabetes atau efek samping dari terapi kemo pada penderita kanker. Baru-baru ini penelitian menunjukan vitamin dapat mengatasi masalah saraf ini, termasuk pada tulang belakang.

Selain memberikan manfaat dan dapat menghilangkan gejala neuropati, vitamin juga mampu menjaga kesehatan tubuh kita dari beberapa kondisi penyakit lain.

Saat Anda mengalami masalah saraf seperti pada bagian tulang belakang, vitamin dapat memberikan harapan. Vitamin atau suplemen, bisa dikombinasikan dengan terapi obat untuk mengatasi nyeri tulang belakang, atau dikombinasikan dengan terapi rehabilitasi untuk mengurangi gejala akibat permasalahan saraf.

Baca juga : Pantangan syaraf kejepit

Namun perlu diketahui, penggunaan vitamin syaraf untuk masalah tulang belakang bukan bertujuan untuk menggantikan terapi obat yang diberikan dokter. Berikut ini beberapa vitamin saraf yang dianjurkan dan bisa membantu mengatasi masalah nyeri atau iritasi pada syaraf tulang belakang, diantaranya;

Vitamin B untuk Saraf Tulang Belakang

Vitamin B diketahui bermanfaat mengatasi neuropati atau masalah syarif, termasuk saraf tulang belakang. Vitamin B akan mengembalikan fungsi system saraf. Bahkan tak jarang neuropati perifer yang ditandai dengan kesemutan atau kebas di ujung jari kaki dan tangan dapat disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B.

Kandungan vitamin B yang dimaksud harus mencakup vitamin B1 (thiamine dan benfotiamine), B6 dan B12. Atau sering juga kita menyebutnya dengan vitamin B komplek. Baik benfotiamine maupun thiamine adalah tururnan dari vitamin B1 yang keduanya mampu mengurangi rasa nyeri dan inflamasi serta mencegah kerusakan sel. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menemukan makanan yang kaya akan fitamin B diantaranya; daging, sea food, telur, dan sayur-sayuran.

Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa suplementasi vitamin B, mampu mengatasi kerusakan saraf. hal ini dikarenaan viatamin B dapat mempercepat regenerasi jaringan saraf dan fungsinya.

Asam Alpha Lipoic

Alpha lipoic acid memiliki kandungan vitamin anti oksidan baik yang berguna dalam perbaikan kerusakan saraf tulang belakang. Ia juga dapat sebagai terapi pada kasus neuropati yang disebabkan penyakit diabetes atau saat terapi kanker.

Asam alpha lipoic juga dapat menurunkan kadar gula darah, memperbaiki fungsi saraf, serta dapat mengatasi keridaknyaman pada tangan dan kaki yang meliputi;

  • Rasa sakit
  • Kesemutan
  • Kaku
  • Bengkak
  • Rasa seperti terbakar

Sebagai vitamin atau suplemen asam alpha lipoc dapat diberikan secara intravena. Untuk penggunaan dalam bentuk kapsul disarankan dengan dosis harian antara 600 sampai dengan 1200 mg. makanan harian yang mengandung banyak asam alpha lipoic diantaranya;

  • Hati ayam atau sapi
  • Daging merah
  • Brokoli
  • Bayam

Acetyl L Carnitine

Ini merupakan asam amino yang kaya akan kandungan anti oksidan. Selain berfungsi meningkatkan energy pada tubuh, acetyl L carnitine juga mampu meningkatkan kesehatan saraf, serta mengurangi rasa sakit akibat malah neuropati seperti pada safaf tulang belakang. Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi harian adalah 500 mg dua kali sehari. Berikut jenis makanan yang banyak mengandung acetyl L carnitine diantaranya, daging dan ikan.

Curcumin pada Kunir Sebagai Vitamin Saraf Tulang Belakang

Kunir, merupakan herba yang banyak digunakan penduduk Indonesia. Herba ini ternyata dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, kaya antioksidan dan dapat menghilangkan rasa sakit. Dari beberapa kepustakaan kunir juga bisa mengatai pembengkakan atau kesemutan baik pada tangan atau kaki.

Dalam sebuah studi dikatakan bahwa ekstrak kunir atau kurkumin ini dapat sebagai terapi neuropati, setelah konsumsi selama kurang lebih 14 hari. Ia memiliki efek yang baik dalam terapi nyeri, inflamasi dan juga gangguan fungsi saraf lainnya.

Minyak Ikan

Minyak ikan ternyata juga baik untuk mengatasi masalah syaraf tulang belakang, vitamin minyak ikan memiliki efek anti inflamasi yang baik dan mencegah kerusakan syaraf. Dosis harian untuk vitamin minyak ikan pada saraf tubuh atau tulang belakang adalah 2400 – 5400 mg/ hari. Asam omega 3 dalam minyak ikan bisa anda temukan pada beberapa jenis makanan sebagai berikut, diantaranya;

  • Salmon
  • Kacang
  • Sarden
  • Minyak kanola
  • Kedelai

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi customer care relation officer Lamina Pain and Spine Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini