pantangan saraf terjepit

Saraf Terjepit, Ada Beberapa Pantangan

Herniated nucleus pulposus (HNP) atau saraf terjepit yang terjadi di pinggang (punggung bawah) dapat menimbulkan rasa nyeri yang bervariasi dari ringan hingga seperti tersetrum yang menjalar hingga ke kaki. Nah berikut adalah beberapa pantangan aktivitas bila Anda mengalami saraf terjepit:

 

1.Duduk terlalu lama

Aktivitas ini dapat memberikan tekanan berlebihan pada bantalan ruas tulang belakang, apalagi dalam posisi bungkuk. Untuk meminimalisasi rasa nyeri pada saraf terjepit di pinggang, coba lakukan peregangan dengan berdiri, bergerak atau berbaring bila memungkinkan.

Bila duduk tidak dapat dihindari, berikut tips guna mengurangi tekanan atau beban pada tulang belakang:

  • Duduklah dalam posisi tegak
  • Pertahankan paha sejajar dengan lantai (pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut)
  • Gunakan bantal kecil di bagian belakang guna menyangga punggung bawah
  • Pasang alarm sebagai pengingat melakukan peregangan seperti berdiri, berjalan sebentar

2.Mencuci pakaian

Aktivitas ini akrab dengan kaum perempuan, yang perlu dilakukan dengan membungkuk saat mengambil pakaian, membawa ember/tempat pakaian kotor, atau saat mengambil deterjen atau air. Aktivitas ini dapat membebani ruas tulang belakang atau pinggang/punggung bawah.

Bila perlu, tanyakan anggota keluarga lainnya untuk mencuci pakaian atau lebih praktisnya lagi, kirim saja ke binatu secara rutin.

3.Menggunakan vacuum cleaner

Vacuum cleaner sering digunakan untuk menghemat waktu dan tenaga. Hal ini sama sebenarnya dengan menyapu dan mengepel lantai, hanya saja peralatan yang digunakan berbeda.

Aktivitas ini memerlukan gerakan berulang maju dan mundur dengan posisi badan membungkuk. Bila hal ini berlangsung lama dan terus menerus, bisa jadi dapat membebani bantalan ruas tulang belakang. Jadi perlu istirahatkan punggung atau bila memungkinkan, meminta bantuan orang lain untuk melakukannya atau membeli vacuum cleaner otomatis atau yang menggunakan remote.

4.Memberi makan hewan peliharaan

Mungkin hal ini tampaknya hanya tugas sederhana, tetapi saat mengisi mangkuk makan hewan peliharaan Anda, perlu dilakukan dengan membungkuk, bisa memicu nyeri di tulang belakang.

Bila memungkinkan, beli mangkok makan/minum khusus dengan penyangganya sehingga Anda tidak perlu membungkuk. Minta bantuan anggota keluarga untuk melakukannya.

5.Berkebun dengan menggunakan cangkul atau sekop

Saat berkebun atau sedang merapikan taman rumah, sering Anda diharuskan angkat benda, membungkuk atau bahkan memutar tubuh saat bekerja. Gerakan ini dapat memperburuk nyeri pada pinggang akibat HNP atau saraf terjepit.

Jika pinggang nyeri dan tidak kunjung reda, segera konsultasikan dengan dokter.

6.Latihan atau aktivitas fisik berat (high impact)

Hindari aktivitas fisik yang berat atau aktivitas yang dapat memberikan tekanan/beban berlebihan pada bantalan ruas tulang belakang, seperti:

  • Lari
  • Lompat tali
  • Squat
  • Sit-up
  • Gerakan menyentuh jari kaki

Sebagai gantinya, Anda bisa berenang, dan sepeda statis. Olahraga atau aktivitas fisik aerobik dapat membantu meningkatkan/memperbaiki aliran darah, zat-zat gizi, dan oksigen ke bagian jaringan lunak di tulang belakang dan membantu mempercepat proses penyembuhan serta membantu mengurangi rasa nyeri. Konsultasikan dengan dokter mengenai latihan-latihan fisik yang dapat dilakukan, yang akan disesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing.

Pantangan saraf terjepit ini perlu dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon