Facet joint adalah

Facet Joint Bermasalah Adalah Penyebab Nyeri Leher dan Punggung

Facet joint adalah salah satu sendi kecil yang berada di antara dan di sepanjang tulang belakang. Masalah kesehatan sendi facet atau facet joint dapat timbul di area leher (servikal), dada (torakal), dan punggung bawah atau pinggang  yang kita ketahui sebelumnya adalah lumbar.

Nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) dapat disebabkan oleh kerusakan sendi ini yang bisa menimbulkan rasa nyeri yang bergantung lokasi.

Nyerinya bisa terjadi leher bila sendi facet area ini mengalami kerusakan, begitu pula nyeri akan terasa di punggung bawah berarti kemungkinan sendi facet area inilah yang mengalami kerusakan. Jadi gejalanya sesuai dengan area yang mengalami kerusakan.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Penyebab nyeri LBP, leher maupun nyeri pinggang bisa ditimbulkan oleh kerusakan sendi facet saja atau bisa juga merupakan gabungan dengan kelainan atau kerusakan jaringan-jaringan lain dari area tulang belakang. Kondisi inilah yang sering dikenal facet joint syndrome (sindrom sendi facet).

Apa Fungsi Facet Joint?

Facet joint adalah

Ilustrasi : Masalah pada facet joint

Sendi ini bekerja untuk membatasi gerakan berlebihan (seperti memutar tubuh), dan mempertahankan rangkaian tulang belakang, serta membantu mencegah gerakan tulang belakang terlalu ke depan (maju) atau ke belakang (mundur) dari posisi semula.

Sendi inilah yang menjaga gerakan tubuh agar dapat bergerak membungkuk baik ke depan maupun ke belakang, serta ke kanan dan kiri. Gerakan memutar misalnya saat leher menengok kanan kiri juga menjadi salah satu fungsinya.

Kenali Gejalanya

  • Nyerinya bergantung sendi ini yang mengalami kerusakan, bisa nyeri leher, LBP atau nyeri pinggang.
  • Umumnya nyeri terasa di salah satu sisi atau kedua sisi tulang belakang, bukan di bagian tengah
  • Nyeri leher atau LBP akan bertambah berat ketika leher atau tubuh membungkuk ke belakang (menengadah), atau pada gerakan memutar, karena posisi ini akan mempersempit celah sendi dan menekan sendi facet.
  • LBP yang nyerinya seringkali menjalar hingga bokong dan kaki bagian atas. Nyeri jarang terasa di kaki bagian depan atau menjalar hingga ke lutut atau kaki seperti nyeri yang diakibatkan oleh menonjolnya bantalan sendi di antarruas tulang belakang atau HNP.
  • Perubahan posisi atau berdiri lama dapat meningkatkan nyeri LBP karena posisi ini dapat menekan sendi ini.
  • Nyeri leher atau LBP kadang memburuk di pagi hari dan membaik setelah bergerak atau beraktivitas. Namun nyeri punggung bawah akan dirasakan sepanjang hari pada orang-orang yang bekerja dengan posisi duduk lama seharian dengan postur tubuh yang buruk.
  • Bila sendi facet leher yang mengalami kerusakan, nyeri bisa terasa hingga pangkal tulang tengkorak, punggung atas dan bahu, punggung tengah atau leher. Bahkan ada yang merasakan hingga sakit kepala dan telinga berdenging. Selain itu, ada juga yang merasakan nyeri ini menjalar hingga ke lengan atau jari seperti nyeri akibat HNP.
  • Kerusakan  sering terjadi di leher dan pinggang. Untuk area dada agak jarang karena pergerakan di area dada terbatas.

Penyebab Nyeri Facet Joint Adalah

Dari beberapa kepusatakaan yang ada penyebab nyeri facet joint syndrome sangat beragam, beberapa hal termasuk diantaranya adalah;

  1. Proses degenerasi
    Proses ini dapat menyebabkan beragam perubahan pada ruas tulang belakang termasuk sendi ini, baik bentuk, ketebalannya, ruang antar-sendinya, penipisan tulang rawan, atau tumbuhnya taji tulang.
  2. Faktor usia
    Usia diketahui dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan sendi facet sehingga menipis atau ‘aus’ sehingga saat bergerak tulang-tulang ini dapat bergesekan sehingga sendi facet semakin rusak.
  3. Gerakan berulang dengan beban tinggi, misalnya posisi menengadah yang dilakukan berulang.
  4. Cedera pada tulang belakang dan sendi facet, misalnya kecelakaan (whiplash).
  5. Pada kasus-kasus tertentu, peradangan sendi (artritis) dapat menimbulkan kista sehingga menekan sendi facet.
  6. Adanya infeksi atau peradangan di ruas tulang belakang.

Selain itu, ada beberapa faktor yang kemungkinan meningkatkan risiko Anda mengalami sindrom sendi ini yaitu:

  • Pernah mengalami cedera pada tulang belakang
  • Pernah melakukan operasi pada tulang belakang
  • Melakukan banyak aktivitas fisik dengan gerakan berulang yang melibatkan tulang belakang

Ini Adalah Penanganan Nyeri Facet Joint

Beberapa pilihan mengatasi nyeri akibat sindrom ini antara lain:

  1. Menjaga postur tubuh yang baik dengan menjaga lengkungan (kurvatura) tulang belakang dengan baik, misalnya duduk tegak, menekuk lutut saat mengambil benda dari lantai
  2. Kompres hangat (misalnya dengan mandi air hangat) atau kompres dingin yang dapat membantu meredakan nyeri
  3. Melakukan istirahat sesering mungkin bila Anda sedang bekerja
  4. Minum obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter
  5. Melakukan olahraga yang dianjurkan oleh fisioterapis atau oleh dokter

Metode tanpa operasi lainnya yang dapat membantu menuntaskan nyeri sindrom sendi facet adalah dengan radiofrekuensi ablasi (RFA). Metode ini dilakukan dalam waktu singkat (sekitar 20-45 menit) dan menggunakan bantuan gelombang. Bertujuan untuk menghentikan/memblokir cabang saraf medial yang mengalirkan sinyal rasa sakit/nyeri dari sendi facet yang rusak ke otak.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Keberhasilan tindakan ini bergantung pada keakuratan diagnosis (yang perlu dipastikan dengan pemeriksaan penunjang), anatomi saraf, dan teknik yang digunakan. Dari beberapa hasil riset, nyeri berkurang pada sekitar 45-60% pasien dengan nyeri akibat sendi ini mengalami kerusakan.

Pasca-RFA, Anda sebaiknya tidak menyetir atau mengoperasikan mesin dalam waktu 24 jam setelah tindakan dan tidak melakukan aktivitas berat.

Untuk membantu menjaga sehatnya tulang belakang dan sendi facet Anda. Jangan lupa selalu untuk lakukan gaya hidup sehat dan olahraga yang sesuai serta menjaga postur tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon