Sakit pergelangan tangan

Sakit Pergelangan Tangan, Ini Beberapa Penyebab Dan Terapinya

Sakit pada pergelangan tangan merupakan kondisi medis pada pergelangan tangan yang dapat disebabkan oleh cedera atau penyakit tertentu. Sakit pergelangan tangan juga terjadi akibat tekanan dari gerakan berulang pergelangan tangan, seperti pada pemain bulu tangkis atau perkerjaan lainnya.

Pergelangan tangan yang sakit dapat disebabkan banyak faktor, oleh karenanya dibutuhkan pemeriksaan saksama dokter untuk menentukan penyebab pasti nyeri. Dari anamnesis klinis tersebut, dokter selanjutnya dapat menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk mengatasi sakit pada pergelangan tangan pasiennya.

Sakit Pergelangan Tangan, Ini Gejalanya

Rasa sakit pada pergelangan tangan dapat berupa nyeri seperti tertarik atau sakit yang tajam seperti tertusuk. Rasa sakit sifatnya bisa sementara atau berkepanjangan. Tingkat nyeri yang dirasakan tiap orang juga berbeda, bisa ringan atau hanya dirasakan pada pergelangan tangan ketika ditekuk, atau terasa sangat sakit yang menyebabkan penderitanya tidak dapat memegang barang.

Tergantung dari penyebabnya, rasa sakit pada pergelangan tangan dapat disertai dengan gejala lainnya, seperti:

• Pegal, kesemutan, hingga mati rasa pada pergelangan tangan
  • Jari-jari tangan mengalami pembengkakan
  • Rasa kaku di pergelangan tangan atau pangkal jari
  • Pergelangan tangan mengalami kemerahan, dengan pembengkakan hingga memar
  • Muncul pembengkanan pada pergelangan tangan
  • Pergelangan tangan terasa hangat ketika disentuh
  • Pasien disertai dengan demam

Kapan Sakit Pada Pergelangan Tangan Harus Ke Dokter

Tidak semua pasien dengan pergelangan tangan sakit harus menemui dokter. Umumnya nyeri pada pergelangan tangan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu. Tetapi, ketika nyeri sudah lebih dari 2 minggu namun tidak disertai perubahan ke arah yang lebih baik, Anda disarankan untuk datang menemui dokter. Berikut ini beberapa kondisi yang juga membutuhkan konsultasi dengan dokter lebih lanjut, diantaranya;

1. Saat sakit pergelangan tangan mengganggu aktivitas harian Anda
  2. Nyeri bertambah parah dari waktu ke waktu tanpa perbaikan
  3. Rasa kesemutan atau mati rasa pada tangan hingga pergelangan tangan yang tidak kunjung hilang atau lebih dari 2 minggu
  4. Sakit pada pergelangan tangan membuat Anda linglung atau pusing
  5. Kondisi tangan yang sakit berubah warna menjadi pucat hingga kebiruan

Dari beberapa literatur medis yang ada penyebab sakit pergelangan tangan umumnya adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kedua penyakit ini menimbulkan gejala berkepanjangan. Periksakan kondisi Anda secara lebih baik ke dokter untuk dilakukan evaluasi dan terapi yang adekuat.

Baca juga : Syaraf kejepit leher

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Terdapat beberapa macam faktor yang menyebabkan pergelangan tangan Anda sakit, diantaranya:

1. Cedera. Cedera pergelangan tangan bisa menyebabkan sakit yang sangat mengganggu aktivitas harian. Cedera pergelangan tangan dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya; Adanya benturan, Keseleo, retak, atau patah terutama karena Anda terjatuh dengan posisi salah dan menjadikan tangan sebagai tumpuan. Aktivitas berulang dapat menyebabkan pergelangan tangan sakit. Aktivitas berulang dimaskud meliputi bermain tenis, menyetir, atau memainkan alat musik seperti biola.
  2. Penyakit tertentu. Selain cedera, ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit pergelangan tangan, antara lain: Rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis atau dikenal sebagai (OA) disebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Penyakit radang sendi OA dapat terjadi pada satu atau kedua pergelangan tangan.
    Osteoarthritis. Osteoarthritis terjadi saat tulang rawan menipis. Orang yang pernah mengalami cedera pergelangan tangan lebih berisiko mengalami osteoarthritis. Carpal tunnel syndrome. Carpal tunnel syndrome terjadi akibat tekanan saraf pergelangan tangan. Rasa sakit akan bertambah berat saat pergelangan tangan ditekuk. Tendonitis. Tendonitis umumnya menyebabkan jaringan yang mengikat tulang dan otot (tendon) mengalami pembengkakan yang selanjutnya memicu rasa sakit. Kista ganglion. Kondisi ini umumnya terjadi pada sisi bagian atas pergelangan tangan. Rasa sakitnya kista ganglion meningkat ketika penderita melakukan aktivitas. Penyakit Kienbock. Kondisi ini menyebabkan kerusakan berkelanjutan dari tulang-tulang kecil di pergelangan tangan.

Faktor Risiko

Sakit pada pergelangan tangan dapat menimpa siapa saja. Setidaknya, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko sakit pada pergelangan tangan, diantaranya:

• Sering melakukan olahraga yang mengakibatkan tekanan berulang pada pergelangan tangan, misalnya, golf, gimnastik, bowling dan sepak bola
  • Melakukan aktivitas yang membutuhkan pengulangan pergerakan tangan, seperti menggunting rambut hingga menganyam
  • Orang dengan riwayat penyakit diabetes, kegemukan, gondok, atau wanita hamil

Diagnosis Sakit Pergelangan Tangan

Tahap awal pemeriksaan, dokter Anda menanyakan gejala, riwayat kesehatan, riwayat kecelakaan atau cedera sebelumnya. Selanjutnya, dokter mungkin melakukan pemeriksaan fisik pergelangan tangan penderita.
Dokter memeriksa pergelangan tangan yang terlihat bengkak, atau bentuk yang tidak normal, atau nyeri saat disentuh.

Pasien kemungkinan akan diminta dokter menggerakan pergelangan tangannya untuk melihat apakah ada penurunan kemampuan atau kekuatan tangan. Dokter kemungkinan meminta pasien menjalani pemeriksaan penunjang dengan beberapa metode di bawah ini:

1. Pemeriksaan radiologi. Pemeriksaan radiologi dilakukan dengan beberapa metode diantaranya Rontgen, CT scan, MRI, atau USG. Pemeriksaaan radiologi bertujuan mendapatkan gambaran kondisi tulang belakang dan jaringan sekitarnya secara detail, sehingga dokter mengetahui kondisi pasien secara lebih pasti.
  2. Artroskopi. Artroskopi dilakukan jika pemeriksaan radiologi dirasa belum cukup menentukan diagnosis. Pada prosedur ini, dokter menggunakan alat khusus bernama artroskop yang dimasukkan ke dalam pergelangan tangan pasien. Alat ini berbentuk tabung kecil yang memiliki kamera mikro, yang dimasukkan melalui sayatan pada kulit pasien.
  3. Tes saraf. Tes saraf dapat dilakukan dengan bantuan elektromiografi, terutama saat nyeri pergelangan tangan diduga disebabkan carpal tunnel syndrome (CTS). Elektromiografi digunakan untuk memeriksa sinyal listrik yang dihasilkan oleh otot dan dapat digunakan untuk mengetahui fungsi saraf pasien.

Terapi Rasa Sakit pada Pergelangan Tangan

Tidak semua pergelangan tangan yang sakit membutuhkan pengobatan khusus. Pengobatan sakit pada pergelangan tangan dapat berupa pengobatan mandiri, obat-obatan, serta operasi tergantung penyebab dan tingkat keparahan gejala. Berikut ini pengobatan untuk sakit pergelangan tangan yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Rehabilitasi mandiri
    Cedera pada pergelangan tangan ringan dapat sembuh sendiri, atau cukup dikompres dengan es, lalu dibebat dengan perban elastis.
  2. Terapi Obat
    Dokter dapat memberikan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, untuk mengurangi rasa sakit pada pergelangan tangan pasien.
  3. Bidai
    Dokter mungkin melakukan pemasangan bidai atau gips, saat terjadi retak atau patah pada pergelangan tangan. Penggunaan bidai bertujuan sebagai penyangga tulang yang patah agar tidak bergerak.
  4. Operasi
    Operasi dapat dilakukan jika nyeri pergelangan tangan disebabkan oleh tulang retak, carpal tunnel syndrome, dan ketika tendon atau ligamen robek. Lamina pain and spine center menggunakan teknologi minimally invasive untuk mengatasi kondisi nyeri pergelangan tangan pasien.

Pencegahan

Pencegahan sakit pergelangan tangan disesuaikan dengan penyebab utamanya. Asupan kalsium, agar tulang lebih kuat dapat mencegah terjadinya nyeri pada pergelangan tangan. Orang dewasa umumnya memerlukan 1000-1200 mg kalsium per hari, sedangkan anak-anak membutuhkan sekitar 1300 mg kalsium per hari.

Asupan kalsium didapatkan dari konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu, keju, yoghurt, ikan teri, serta sayur bayam dan kangkung. Beberapa kondisi yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri pergelangan tangan diantaranya:

• Lebih hati-hati dalam beraktivitas yang menggunakan tangan secara berulang
  • Gunakan alat pelindung pergelangan tangan saat melakukan aktivitas yang berisiko menyebabkan cedera. Misalnya, ketika bermain sepak bola atau bersepeda.
  • Menghindari posisi tangan yang salah, seperti contoh ketika sedang mengetik, pastikan pergelangan tangan pada posisi rileks dan gunakan bantalan pergelangan tangan. Selain itu ketika sedang mengetik, tangan juga perlu diistirahatkan secara berkala.