pengobatan syaraf kejepit di leher

Pengobatan Syaraf Kejepit di Leher dengan PECD

Nyeri pada tulang belakang atau punggung dapat mengganggu mobilitas atau aktivitas harian penderitanya. Apalagi bila terjadi di sekitar leher. Tak perlu khawatir ini dia pengobatan syaraf kejepit di leher yang dapat dilakukan.

Penyebabnya cukup beragam sebenarnya, misalnya saja ketegangan otot, cedera dan lain sebagainya. Salah satu penyebab lain nyeri di leher adalah terjepitnya saraf atau di kenal syaraf kejepit di area ini.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Bila memang sarafnya terjepit, gejalanya yang timbul dapat berupa nyeri di leher, pundak, lengan, hingga ke jari jemari. Tidak hanya itu saja gejalanya. Saraf yang terjepit ini bisa menimbulkan rasa kebas atau kesemutan atau bahkan kelemahan otot-otot dari lengan hingga jari.

Saraf Terjepit atau HNP

Syaraf kejepit di leher

Ilustrasi : Syaraf kejepit di leher

Saraf terjepit dapat terjadi di seluruh bagian tulang belakang. Mulai dari ruas tulang leher (servikal), punggung atas (torakal), sampai punggung bawah (lumbar). Saraf terjepit ini juga dikenal dengan istilah hernia nucleus pulposus (HNP).

HNP akan terjadi saat isi diskus (bantalan antarruas tulang belakang) bocor sehingga menekan saraf di sekitarnya, yang bila berkelanjutan dapat menimbulkan nyeri seperti yang disebutkan di atas.

Diskus atau bantalan tulang belakang berperan sebagai penyerap kejutan (shock absorber). Diskus di tulang belakang ini terdiri atas dua bagian, yaitu annulus fibrosus (merupakan bagian luar yang keras) dan nukleus pulposus (bagian dalam bantalan sendi seperti layaknya jeli). Bagian nukleus pulposus inilah yang bisa mengalami kebocoran atau menonjol keluar yang menekan saraf sehingga memicu HNP.

Mengangkat beban berat dengan posisi yang tidak tepat, pernah mengalami cedera/jatuh, kelebihan berat badan, postur tubuh yang salah merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab syaraf kejepit di leher.

BACA JUGA :

  • Bahaya Syaraf Kejepit
  • Cara Mengatasi Syaraf Kejepit
  • Pengobatan Syaraf Kejepit di Klinik Lamina

    Hingga kini teknologi penanganan HNP servikal terus berkembang. Dulu untuk masalah saraf terjepit di leher dilakukan dengan teknik operasi terbuka, yang bisa berisiko kemungkinan menimbulkan komplikasi.

    Sekarang penderita saraf terjepit di leher tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. Di Indonesia teknologi ini sudah dapat dilakukan dengan percutaneous endoscopic cervical discectomy (PECD). PECD ini dapat memberikan harapan kesembuhan yang lebih baik dibandingkan dengan teknik lainnya, misalnya ACDF.

    Cara mengobati syaraf kejepit di leher dengan teknologi PECD dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan penonjolan bantalan sendi yang menekan atau menjepit saraf tulang belakang, sehingga diharapkan setelah bagian yang menonjol tersebut ditiadakan, nyeri yang dirasakan di berbagai area tubuh akan berangsur hilang.

    Teknologi PECD ini sudah dapat dilakukan di Klinik Lamina Pain and Spine Center yang memiliki beberapa dokter bedah saraf yang berpengalaman melakukan PECD. Salah satunya adalah dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS yang merupakan dokter bedah saraf Indonesia pertama yang melakukan PECD. Dibandingkan dengan operasi terbuka, PECD memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

    1. Luka sayatan kecil
    2. Tidak menyebabkan kerusakan jaringan di sekitar leher
    3. Proses pemulihan pasien lebih cepat
    4. Tidak perlu rawat inap
    5. Proses tindakan lebih cepat

    Dibandingkan dengan berobat ke luar negeri yang tentu saja memerlukan biaya tambahan lainnya, (seperti tiket pesawat, penginapan dan lainnya), biaya PECD di Klinik Lamina Pain and Spine Center akan jauh lebih hemat.

    Pilihan terapi Saraf Terjepit dan Penanganannya

    Jika Anda mengalami syaraf kejepit, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang merupakan gejala terberat dari syaraf kejepit, diantaranya:

    1. Antiinflamasi non-steroid
      Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) adalah kelompok obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat syaraf kejepit. Terdapat beberapa obat golongan (OAINS) diantaranya ibuprofen dan naproxen.
    2. Kortikosteroid
      Kortikosteroid dapat diberikan untuk penderita syaraf kejepit guna mengurangi rasa sakit. Kortikosteroid tersedia dalam bentuk obat minum atau disuntikkan. Beberapa jenis kortikosteroid yang dimaskud meliputi prednison dan prednisolone.
    3. Obat antikonvulsan
      Selain dikenal sebagai terapi mengatasi kejang, obat antikonsulvan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit syaraf kejepit. Beberapa jenis obat antikonsulvan seperti diantaranya carbamazepine, oxcarbazepine, dan lamotrigine.
    4. Obat antidepresan
      Meski umum digunakan oleh mereka yang menderita gangguan psikologis. Obat antidepresan dapat digunakan oleh dokter untuk mengatasi nyeri syaraf. Beberapa contoh golongan obat antidepresan seperti diantaranya; antidepresan trisiklik, serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIS), hingga golongan selective serotonin re-uptake inhibitors (SSRIS).

    Selain pemberian obat-obatan, dokter dapat juga menyarankan metode pengobatan lain untuk mengatasi nyeri akibat syaraf kejepit. Dua metode pengobatan yang jamak dilakukan oleh dokter dalam penanganan saraf terjepit diantaranya:

    • Fisioterapi
      Fisioterapis akan mengajarkan Anda, beberapa latihan peregangan maupun penguatan otot-otot si sekitar lokasi saraf terjepit. Tujuannya utamanya adalah mengurangi tekanan pada syaraf, serta memperbaiki bahkan mengembalikan fungsi fisik pasien.

    Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

     

    Operasi atau Pembedahan Minimal Untuk Pengobatan Syaraf Kejepit

    Saat saraf terjepit tidak segera membaik dengan pemberian obat dan fisioterapi seperti disebtkan diatas. Dokter spesialis bedah saraf, seperti Dr Mahdian Nu Nasution SpBS dari Klinik Lamina, dapat merekomendasikan tindakan pembedahan/operasi untuk menghilangkan penekanan saraf tulang belakang. Jenis operasi sangat bervariasi, tergantung lokasi dan kondisi saraf terjepit Anda. Salah satu jenis terapi operative yang saat ini dilakukan Dr Mahdian dan tim adalah operasi minimal. Berbeda dengan operasi terbuka, tindakan ini hanya membutuhkan sayatan sebesar 7 mm, dengan beberapa keuntungan seperti pemulihan pasca tindakan cepat, efek samping seperti kelumpuhan minimal (<1%) dengan biaya yang lebih terjangkau. Teknologi bedah minimal atau endokopi yang dimiliki Klinik Lamina, berasal dari Jerman, sehingga sangat tidak diragukan kualitas alatnya.

    Untuk informasi lebih jauh mengenai teknologi PECD ini yang dapat menyembuhkan saraf terjepit leher, silakan hubungi Klinik Lamina Pain and Spine Center dengan Call Center kami: 021-79196999.

    Terakhir diperbarui: 02 Maret 2020
    Ditinjau oleh: dr Mahdian Nur Nasution SpBS
    73 Comments
    1. Balas
      Admin Lamina

      Silahkan yang mau bertanya tentang nyeri leher ….

      • Balas
        Rindi

        Klinik buka 24 jam?

      • Balas
        Tita nurmawati

        Skrg metodenya sudah canggih, tidak dengan oprasi terbuka jd gk perlu rawat inap. Bisa pake BPJS tidak?

      • Balas
        Imah

        Apakah bisa konsultasi

      • Balas
        Hasriani

        Untuk biaya berapa ya?

      • Balas
        Nurlaili

        itu obatnya bisa dibeli kapan aja di apotek gk ?

      • Balas
        Diyah

        Salam Admin,
        Mau tanya, Apakah salah urat itu sama dengan syaraf kejepit?
        Jika terjadi di leher kiri atau mungkin bahu, apakah bisa efek samping yg menganggunya bisa menjalar ke kepala misal syaraf mata, syaraf pendengaran..?
        Bagaimana cara penyembuhannya?

      • Balas
        Marentina

        Slamat siang
        Saya nyeri n sakit ditangan kanan dr atas sampai ujung hari awalnyq kesemutan n kebas sering dakitnya di waktu tidur subuh

        • Balas
          Admin Lamina

          jika kondisinua sudah lebih dari 3 minggu sebaiknya ibu segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Untuk tahap awal kompres dengan air hangat di lokasi nyeri dan kebas bisa memberikan relaksasi atau konsumsi vitamin b komplek. Saat kondisi tetap muncul kemungkinan dokter akan menyarankan pemeriksaan radiologi untuk mengetahui penyebab pasti kondisi ibu. terimakasih

    2. Balas
      Dewi N

      Ini lokasi kliniknya dimana ya?

      • Balas
        Admin Lamina

        Berikut alamatnya :
        Lamina Pain and Spine Center
        Jl Warung Jati Barat No.34
        Kel. Kalibata, Kec. Pancoran
        Jakarta Selatan, 12740
        Telp. 021 7919 6999

        • Balas
          Rangga Agdesta

          Apakah darah tinggi bisa menyebabkan nyeri leher

        • Balas
          Bagus

          Biayanya kisaran berapa ?

        • Balas
          Wini

          Untuk medan ada gag ya?

      • Balas
        Achmad yusup

        Di daerah Bogor ada gx ya

    3. Balas
      Ady

      Berapa biaya untuk pengobatan syaraf leher yang kejepit pa/bu?

    4. Balas
      Juway

      Daerah bekasi ada nggak?

    5. Balas
      Rosi yelpita sari

      Lokasinya di mana??

    6. Balas
      Lusi

      Jika sering memutarkan leher sampai berbunyi itu bahaya gak ya ?

    7. Balas
      Rosi yelpita sari

      Lokasinya di mana??
      Sembuhnya berapa lama?

    8. Balas
      Wahyu

      Ini cabangnya ada dimana saja ya,,, terutama di jawa timur sudah ada kah?

    9. Balas
      Rusdi

      Syaraf kejepit itu termasuk kategori penyakit bahaya ga min

    10. Balas
      Siti Hazar

      Apakah hanya klinik ini yang mampu melakukan endoscopy PECD

    11. Balas
      Herna fitriana

      Terimakasih untuk informasinya

    12. Balas
      Fajar

      Apakah ada usia tertentu untuk yang bisa menyebabkan saraf terjepit ?

    13. Balas
      Ida

      Kliniknya ada dimana saja ?

    14. Balas
      riri

      harus buat janji dulu yaa klo mau periksa ?

    15. Balas
      Rima

      Klo fisioterapi itu diapain?

    16. Balas
      Syifaurrahmah

      Untuk pendaftaran nya booking dulu atau bisa langsung datang ya? Berapa biaya konsultasi doang?

    17. Balas
      Tita Puspita

      boleh saya minta price list layanan nya 🙏🏻

    18. Balas
      Putri

      Good info , thanks

    19. Balas
      Taufik Akbar

      Kereennn

    20. Balas
      Widiastuti

      Berapa untuk biaya nya??

    21. Balas
      Ismail

      Untuk cabang di Jawa tengah apakah ada , terimakasih atas informasinya

    22. Balas
      Fitri Lestari

      Apakah terapi obatnya bisa bebas sendiri yg mengarah ke keluhan atau harus resep dan pantauan dokter?

      • Balas
        Fitri astuti

        Saya ada syaraf kejepit di c 5 smp c7 rasa kebas dr pundak ,tangan,jemari dan jemari kaki, tindakan operasi apa dan brp biaya nya, dan efek sampung setelah operasi apa

        • Balas
          Admin Lamina

          Untuk HNP servical. terapi bisa menggunakan pendekatan bedah terbuka atau bedah minimally invasive dengan ednoskopi PECD. Gunakan selalu neck holder untuk menyangga supaya kondisinya tidak bertambah berat. silahkan datang ke klinik kami untuk dilakukan pemeriksan lebih lanjut. terimakasih

    23. Balas
      Siti zubaedah

      Jam operasional klinik jam brp ya

    24. Balas
      Ayu

      Bila kita mau untuk konsultasi dahulu , bagaima ya ?
      Pendaftaran via tlp atau WA atau bisa datang langsung

    25. Balas
      Nenny

      Ada cabang g di jateng?

    26. Balas
      che

      bisa d infokan utk biaya nya ? krn sy tinggal d sumatra.

    27. Balas
      Merry

      😁😁😁😁😁😁😁😁

    28. Balas
      Yulianto

      Keren mantul informasinya.

    29. Balas
      Gampang Untung

      Asalamualaikum……. Terimakasih informasinya tentang cara pengobatan PECD semoga bermanfaat……. 👍👍

    30. Balas
      Yushinta apriliani

      Sangat bermanfaat kontennya, jadi terpapar informasi kesehatan

    31. Balas
      Amel

      Untuk cab bekasi timur dimana ya???
      Masyaallah terimakasih untuk informasinya . Sangat bermanfaat sekali.

    32. Balas
      Norma Norviana

      Sebelum tindakan apa yang harus dilakukan ?

    33. Balas
      Ikhwan

      Apa semacam salah bantal begitu ?

    34. Balas
      hardini arivianti

      keren teknologi ini udah bs dilakukan di Indonesia

    35. Balas
      Edi suranta medan

      Sangat membantu

    36. Balas
      Aul

      Proses penyembuhannya brp lama?

    37. Balas
      Riza

      Apakah perlu konsultasi dl sebelum.tindakan ? Ini untuk orangtua saya usia 60 th .. Kapan waktunya utk konsultasi ?

    38. Balas
      Ria

      Biayanya brp min?

    39. Balas
      Mar'atush Sholihah

      Di depok ada ga cabangnya?

    40. Balas
      Bayu

      Untuk Bandung ada tidak ya?

    41. Balas
      Robi

      Untuk konsultasi aja bayanya berapa ya ?

    42. Balas
      Arif Mustofa

      Pembayaran bisa dicover jaminan tidak ?

    43. Balas
      Fuja

      Loksinya dimna

    44. Balas
      Muhammad Hafiz

      Bermanfaaat

    45. Balas
      Faisal

      Informasi yang bagus dan bermanfaat

    46. Balas
      Fe'Ro

      Untuk biaya nya brp yaah??

    47. Balas
      Purqonsyah

      Kalau salah bantal itu solusinya gimana ya?

    48. Balas
      Elisa

      Terima kasih infony…..

    49. Balas
      Danang

      Saya ingin berkunjung, sabtu dab minggu buka tidak?

    50. Balas
      Edi purwanto

      1. Untuk lokasi kliniknya di mana , lokasi rumah saya ada di daerah depok ?
      Trims

    51. Balas
      Septiana damayanti

      Terimakasih infonya

    52. Balas
      Aris

      Bagus sekali pengobatannya

    53. Balas
      Haikal juheldi

      Mohon info alamat cabang klinik nya ada dimana aja.. terima kasih

    54. Balas
      Megi sadari

      Mantaaap

    55. Balas
      Dwi

      Alamat dimana ya

    56. Balas
      Dwi

      Mantap

    57. Balas
      Wahyudi

      Dok saya mau tanya saya sering mengalami sakit nyeri pada leher bagian kiri sudah hampir 3 THN sudah berobat ke dokter bagian dalam sama saraf tapi gak sembuh juga saya bingung ini leher saya sakit karna apa gak tau juga ,sangat menganggu aktifitas saya dok,yg saya alami ini hanya ketegangan ottot saja atau sudah kepada saraf kejepit kah dok ?
      awalnya sih hanya ngilu ngilu saja saya kira hanya salah tidur posisi lehernya awalnya saya pijet tapi ko malah gak kunjung sembuh dok sampai sekarang masih nyeri
      Saya harus kemana nih dok berobat atau terapinya karna sudah terlalu sering minum obat dari dokter 2 saya periksa belum juga sembuh saya takut terlalu banyak minum obat dok mohon saran dan bantuannya dok terima kasih yudi

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

    Informasi dan Pendaftaran

    Informasi dan Pendaftaran

    021-7919-6999

    marketingklinik@gmail.com

    Pendaftaran Online

    Pendaftaran Online

    Segera Klik Disini