Angkat Beban Berat, Raffi Ahmad Alami Saraf Kejepit

Artis Raffi Ahmad alami saraf kejepit setelah mengeluhkan rasa nyeri pada bagian pinggangnya dan menjalani pemeriksaan oleh dokter spesialis bedah saraf di klinik Lamina Pain and Spine Center.

Sebelum melakukan pemeriksaan, Raffi Ahmad sempat menduga nyeri pinggang yang telah ia alami sejak lama ini kambuh karena sudah lama tidak mengangkat beban berat.  asalnya, kambuhnya nyeri pinggang, terjadi saat tengah menggendong putra pertamanya, Rafathar Malik Ahmad.

“Kayaknya kemarin aku sudah lama enggak gendong-gendong berat, angkat Rafathar. Rafathar kan juga udah tambah besar kan, kena nih ‘kecetet’,” cerita Raffi Ahmad.

Lalu, benarkah mengangkat beban berat bisa menyebabkan saraf kejepit pinggang seperti Raffi Ahmad? Berikut penjelasannya.

Raffi Ahmad Saraf Kejepit Akibat Angkat Beban Berat

Kebanyakan orang saat mengangkat beban dengan posisi membungkuk. Padahal, cara tersebut harus diperbaiki karena bisa memicu cedera otot sekitar pinggang. Hal inilah yang terjadi pada artis sekaligus presenter ternama, Raffi Ahmad yang mengangkat anaknya dari bawah dengan memulai gerakan membungkuk.

Tak jauh berbeda seperti kebanyakan orang yang sedang berolahraga angkat beban, atau saat sedang mengangkat galon atau buruh panggul di stasiun kereta api yang membungkuk saat mengambil koper. Cara mengambil sesuatu di bawah dengan membungkuk itu bisa memicu nyeri pinggang.  Hal itu bisa berdampak pada cedera otot hingga saraf kejepit.

Saraf kejepit atau herniated nucleus pulposus (HNP) merupakan gangguan yang muncul saat bantalan ruas tulang belakang menonjol atau geser hingga menekan bagian saraf tulang belakang dan juga saraf tepi. HNP ini paling banyak menyerang bagian pinggang .

Bantalan yang menonjol ini bisa mengiritasi hingga merusak akar saraf tulang belakang atau terkadang pada sumsum tulang belakang.  Bila HNP menyerang bagian pinggang maka penderitanya akan mengalami gejala nyeri pinggang (punggung bawah) dan nyeri punggung atas.

Baca Juga: Mengenal Pengobatan Syaraf Kejepit Modern yang Menjadi Pilihan Raffi Ahmad!

Beda Nyeri Pinggang Saraf Kejepit dengan Nyeri Pinggang Biasa

Lalu, bagaimana cara mengetahui nyeri pinggang yang terasa adalah saraf kejepit? Perbedaannya bisa melihat dan merasakan dari lokasi munculnya rasa nyeri, frekuensi nyeri muncul, dan seberapa parahnya.

Jika hanya mengalami nyeri pinggang biasa, awalnya pinggang terasa seperti pegal, kemudian muncul rasa nyeri yang bisa ganggu aktivitas, terutama bergerak dan berdiri tegak. Biasanya keluhan ini bisa membaik dengan sendirinya setelah beristirahat.

Bila nyeri pinggang yang terjadi akibat saraf kejepit, maka bisa merasakan gejala, sebagai berikut ini:

  • Nyeri atau mati rasapada satu sisi tubuh
  • Rasa sakityang menjalar hingga ke lengan atau tungkai
  • Nyerisemakin saat melakukan gerakan tertentu, berdiri, duduk
  • Melemahnya otot berlebih
  • Kesemutan
  • Sensasi terbakar pada area yang bermasalah
  • Rasa sakit berkepanjangan dan tidakmenghilang

Nyeri saraf kejepit bisa muncul sendirinya meskipun tanpa melakukan aktivitas atau kegiatan fisik yang berat. Bila mengalami gejala yang telah disebutkan, selama 3 hari segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Syaraf Terjepit di Pinggang Bukan Sakit Pinggang Biasa

Tips Menghindari Saraf Kejepit Seperti Raffi Ahmad

  • Saat mengangkat benda yang berat, tekuk lutut dengan menggunakan otot-otot kaki. Posisi punggung dalam keadaantegak dan angkat benda tersebut dekat dengan tubuh. Jangan membungkuk dengan menekuk pinggang, poroskan kaki dan jangan memutar punggung saat memindahkan benda.
  • Meluncurkan benda berat, dilakukan dengan mendorong jangan menarik.
  • Tetap dalam kondisi bugar. Kenaikan berat badan lima pound pada pinggang, dapat menimbulkan ketegangan pada tulang belakang bagian pinggang dan hal tersebut bisa bermasalah di kemudian hari.
  • Untuk memberi tekananan pada pinggang, tidur secara miring dengan menekuk lutut.

Tips Mengangkat Beban dengan Benar

  1. Pakai sepatu yang stabil, bukannya sandal atau sepatu bertumit tinggi.
  2. Pastikan kaki dalam keadaan teguh dan stabil, dalam keadaan 90derajat dan rapatkan kaki pada barang yang hendak diangkat.
  3. Bengkokkan lutut dan rendahkan badan.
  4. Pastikan pinggang tegak.
  5. Angkat barang ke paras abdomen dan angkat barang perlahan-lahan, jika barang agak berat, tumpu dengan otot kaki.
  6. Pastikan lutut bengkok ketika mengangkat barang.
  7. Dapatkan bantuan jika barang terlalu berat untuk diangkat seorang.

Nah, bagi yang sedang mengalami nyeri pinggang akibat saraf kejepit bisa lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf di klinik Lamina Pain and Spine Center. Untuk melakukan informasi lebih lanjut mengenai saraf kejepit atau nyeri tulang belakang silakan mengunjungi website kami www.lamina.id , instagram @lamina_id.  Jangan tunggu masalah nyeri saraf kejepit mengganggu aktivitas harianmu, segera konsultasikan dengan dokter spesialis bedah saraf kami di 0811-1443-599.

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Jadwal Praktik


Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS

Senin   : 13:00 - Selesai
Rabu    : 13:00 - Selesai
Jumat  : 13:00 - Selesai


Dr. Bismo Nugroho, SpBS

Rabu    : 14:30 - 17:00
Kamis  : 14:00 - 17:00


Dr. Victorio, SpBS, FINPS

Selasa  : 17:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 18:00


Dr. Faisal, M.Ked (Neurosurg), Sp.BS

Senin    : 10:00 - 13:00
Selasa   : 10:00 - 13:00
Rabu     : 10:00 - 13:00
Kamis   : 10:00 - 13:00
Jumat   : 10:00 - 13:00


Prof. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


Dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


Dr. Rifalisanto, SpKFR

Selasa   : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00