Perawatan luka Operasi

4 SOP Perawatan Luka Pasca Operasi Tulang Belakang

0Shares

Perawatan luka operasi, setiap individu berbeda-beda, tergantung dari kondisi pasien, dan faktor penyerta. Perawatan luka pasca operasi membutuhkan waktu untuk beberapa hari hingga bulan, tergantung dari jenis tindakan operasi yang dilakukan.

Terkait perawatan luka operasi tulang belakang atau syaraf terjepit, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan antara lain;

Perawatan Luka Operasi Pertama, Istirahat yang cukup

Perawatan luka pasca operasi dengan istirahat cukup

Ilustrasi : Perawatan luka pasca operasi dengan istirahat cukup

Ini adalah salah satu hal paling sederhana yang kadang lupa dilakukan oleh orang yang baru selesai operasi. Setiap orang membutuhkan masa istirahat yang cukup setelah operasi. Hal itu harus benar-benar menjadi perhatian. Masa penyembuhan adalah masa yang rentan kembali terkena penyakit. Karena itulah istirahat yang cukup bisa membantu menyembuhkan luka pasca operasi.

Memperhatikan Kebersihan Luka

Ketika seseorang selesai melalui sebuah operasi, terkadang kebersihan luka pasca operasi itu kurang diperhatikan. Padahal itu adalah salah satu cara merawat luka pasca operasi agar luka tersebut cepat sembuh dan menutup. Hal-hal yang perlu dan wajib dilakukan adalah membersihkan luka operasi, mengganti secara rutin kassa yang digunakan untuk menutup luka agar tidak mengalami infeksi.

Perawatan Luka Operasi Ketiga, Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Aktivitas yang terlalu berat mampu membuat luka pasca operasi yang sudah menutup itu membuka kembali. Karena itu, dianjurkan bagi setiap individu yang baru selesai operasi dan sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi, untuk tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

Terlebih pasca tindakan operasi tulang belakang atau syaraf kejepit. Baik dilakukan dengan metode konvensional maupun minimally invasive. Pasien tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat selama kurang lebih 1-2 bulan. Pasca tindakan perawatan luka operasi PELD misalnya, pasien boleh melakukan aktivitas seperti berjalan ke toilet namun tidak boleh mengangkat benda apapun selama kurang lebih 2 minggu. Ini untuk menjaga kondisi bantalan sendi pasca tindakan endoskopi. Demikian halnya dengan prosedur laminektomi, pasien akan lebih lama lagi untuk bisa melakukan aktivitas mengangkat benda.

Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Pakaian yang longgar memberikan ruang pada luka anda sehingga tidak terlalu tertutup. Hal ini membantu proses penyembuhan luka tersebut. Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien.

Meski luka paska tindakan endoskopi PELD hanya sekitar 7 mm, ada kemungkinan masih terdapat memar di bekas titik masuknya alat endoskopi. Menjaga luka tetap besih dan tertutup tidak tergesek oleh baju sangat disarankan. Penggunaan baju yang longgar meminimalisir gesekan pada luka bekas tindakan. Luka umumnya membaik setelah 10 – 14 hari.

Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Anda bisa menghubungi kami melalui care line officer kami di nomer Hp/Wa tertera. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini