Beragam Faktor Pemicu Tangan Kesemutan

Tangan kesemutan adalah kondisi yang paling sering terjadi. Namun, biarpun terlihat sepele, ternyata kondisi ini  adalah tanda ataupun alarm dari tubuh kamu. Kondisi inipun  bisa terjadi akibat kerusakan saraf. Kerusakan saraf sendiri, bisa terjadi akibat cedera ataupun efek samping dari konsumsi obat-obatan jenis tertentu. 

Namun, penyebab paling umumnya adalah akibat adanya tekanan pada pergelangan tangan ataupun sekitarnya. Menghilangkan tekanan pada pergelangan tangan, adalah cara sederhana untuk menghilangkan keluhan satu ini. Tapi, jika ternyata keluhan masih tak hilang juga segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya. 

Beragam faktor penyebab tangan kesemutan 

Untuk mengetahui pengobatan yang tepat, tentunya kita harus mengenal kondisi penyebab dari keluhan ini.  Berikut beberapa faktor penyebab tangan kesemutan: 

1. CTS atau Carpal Tunnel Syndrome 

Carpal Tunnel Syndrome adalah kondisi yang terjadi akibat kerusakan saraf yang menyebabkan iritasi saraf dan tekanan berulang pada bagian tangan. Kondisi ini memiliki beberapa gejala seperti, tangan sakit, lemah atau lemas saat melakukan aktivitas. CTS dapat terjadi akibat trauma akibat penggunaan tangan yang berlebihan untuk mengerjakan pekerjaan yang sama secara berulang dalam waktu yang tidak sebentar. Beberapa orang yang mungkin berisiko alami kondisi ini biasanya yang memiliki pekerjaan mengetik, ataupun juga menulis. 

2. Rheumatoid Arthritis 

Jika rheumatoid arthritis mempengaruhi sendi pergelangan tangan, maka peradangan dapat menekan saraf  tangan dan jari sehingga timbul carpal tunnel syndrome. Gejalanya,   sakit, mati rasa, dan kesemutan pada jari dan sebagian tangan.

3. Diabetes

Tangan kesemutan kronis bisa terjadi karena pembuluh darah terganggu. Jika pembuluh darah yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke jari tangan terganggu, maka akan timbullah rasa nyeri, kesemutan, hingga mati rasa. Hal ini dapat menyerang penderita diabetes. Penderita bisa mengalami luka tanpa merasa nyeri. Umumnya penderita mengalami luka dan jika tidak segera mendapatkan penanganan bisa menjalar serta menimbulkan penyakit lain. 

4. Kerusakan saraf

Penyebab rusaknya saraf, bisa akibat infeksi, cedera hingga kegiatan berulang pada bagian tangan. Contoh sederhana, misalnya pada seseorang yang bekerja dan menggunakan mesin bergetar. Maka tangan yang bergetar secara berulang dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan tangan kesemutan. 

Dalam jangka panjang, kerusakan saraf, selain menyebabkan kesemutan, juga bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius, seperti, stroke, multiple sclerosis, hingga tumor otak. 

Cara mengatasi tangan kesemutan

Dalam kondisi yang ringan, keluhan ini memang bisa hilang dengan sendirinya. Jika terjadi pada bagian area tangan akibat CTS, dokter akan memberikanmu saran untuk beristirahat, rutin melakukan gerak, hingga memberikan obat-obatan seperti obat antiinflamasi dan juga diuretik. 

Selain itu, dokter juga akan menyarankan untuk mengonsumsi multivitamin ataupun sayur-sayuran, hal ini karena kesemutan bisa terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. 

Kemudian untuk tindakan yang lebih serius, dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada tulang ataupun tangan untuk mengetahui penyebab terjadinya nyeri ataupun kesemutan. Segera konsultasikan pada dokter untuk kondisi medis yang kamu rasakan. Pemeriksaan secara berkala dapat meminimalisir resiko terhadap penyakit lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini