Obat Tradisional Sembuhkan Saraf Kejepit di Bokong, Apakah Ampuh?

Berbagai macam obat tradisional dipercaya bisa menyembuhkan saraf kejepit di bokong yang Anda derita. Saraf kejepit bokong umumnya menimbulkan gejala nyeri yang bisa menjalar hingga ke paha, kaki dan pergelangan kaki. Rasa nyerinya bisa sangat hebat sehingga membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas. Memang, sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa saraf kejepit merupakan hal yang sepele. Namun, jika membiarkan gejalanya dan tidak melakukan pengobatan maka bisa membahayakan kesehatan.

Penyebab Saraf Kejepit Bokong

Saraf kejepit merupakan kondisi yang terjadi karena adanya bantalan tulang yang menyembul atau menonjol keluar dan menekan saraf di sekitarnya. Saraf kejepit bisa terjadi pada area tubuh mana saja. Namun, biasanya terjadi di bagian ruas tulang belakang, seperti leher, punggung, atau punggung bawah (pinggang).

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan saraf kejepit, antara lain karena cedera olahraga atau terjatuh, postur tubuh yang salah, bertambahnya usia, menderita arthritis, ataupun obesitas.

Jika mengalami saraf kejepit bokong, biasanya ditandai dengan sindrom piriformis. Kondisi ini terjadi ketika ada tekanan pada saraf di bagian punggung bawah oleh otot piriformis, sehingga menyebabkan nyeri dan mati rasa di area bokong dan tungkai bagian belakang. Otot piriformis ini berfungsi membantu pergerakan tubuh di bagian bawah. Apabila digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan peradangan atau cedera yang mengakibatkan saraf kejepit.

Menyembuhkan Saraf Kejepit Bokong dengan Obat Tradisional

Sebagian orang mungkin masih takut untuk berobat ke dokter karena beberapa risiko komplikasi yang mungkin timbul pasca tindakan. Oleh karenanya, obat tradisional menjadi pilihan pengobatan yang digunakan untuk menyembuhkan saraf kejepit. Padahal, obat-obatan ini sebenarnya tidak bisa menyembuhkan secara optimal, dan hanya meredakan gejala nyerinya.

Ada beberapa obat tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan nyeri akibat saraf kejepit, seperti:

  • Daun alpukat

Merupakan tanaman herbal yang efektif untuk meredakan nyeri akibat saraf kejepit di leher, punggung, kaki, dan pinggang. Anda bisa mengambil segenggam daun alpukat untuk kemudian merebusnya dengan empat gelas air. Minum rebusan daun yang sudah tersaring  satu gelas per hari.

  • Daun pandan

Bukan hanya sebagai pengharum makanan dan minuman, daun pandan ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan nyeri karena saraf kejepit. Ambillah beberapa helai daun pandan yang sudah dicuci sambil diremas. Kemudian rebuslah dengan air selama kurang lebih 15 menit dan minum rebusan daun pandan pada pagi dan sore hari.

  • Daun sirsak

Daun sirsak identik dengan obat untuk mengatasi kanker. Namun, daun ini juga bermanfaat untuk mengobati saraf kejepit. Cara meraciknya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sirsak yang sudah cukup umur, cuci daunnya kemudian rebus. Minumlah ramuan tadi pada pagi dan sore hari.

  • Kencur

Sebagai tanaman herbal yang memiliki efek anti nyeri dan anti radang, kencur ternyata juga bisa meredakan sakit karena saraf kejepit. Anda bisa mengonsumsinya baik sebagai jamu ataupun suplemen. Sebaiknya konsumsi kencur ini juga tidak berlebihan agar saraf kejepit tidak bertambah parah.

Nyeri Saraf Kejepit Tidak Membaik, Adakah Pengobatan Lainnya?

Apabila merasakan nyeri yang tidak membaik sampai menghambat aktvitas yang dilakukan, segeralah ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Untuk mengatasi saraf kejepit hingga tuntas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit dan melakukan pemeriksaan secara komprehensif untuk memberikan diagnosa penyakit.

Solusi terbaik pengobatan saraf kejepit yaitu dengan endoskopi Joimax. Endoskopi Joimax merupakan tindakan minimal invasif yang dapat menyembuhkan saraf kejepit dengan lebih aman. Hanya dengan satu sayatan kecil, dokter akan memasukkan kamera khusus berukuran mikro dengan alat dekompresi endoskopi lainnya guna membuang bantalan tulang yang menjepit saraf.

Endoskopi Joimax berasal dari Jerman sebagai satu-satunya teknologi unggul yang minim risiko, proses tindakan hanya 45 menit, tidak merusak banyak jaringan di sekitar saraf, dan masa penyembuhan yang lebih cepat. Anda tidak perlu rawat inap dan bisa langsung beraktivitas kembali pasca tindakan.

Yuk, konsultasi sekarang dengan dokter kami hanya di Lamina Pain and Spine Center!

Untuk informasi lebih lanjut tentang saraf kejepit dan penanganannya, silakan menghubungi Assistance Center kami pada nomor kontak yang tertera. Anda akan terhubung langsung dengan dokter spesialis bedah saraf jika ingin berkonsultasi melalui online.

Baca juga: Ibuprofen Efektif untuk Meredakan Nyeri Akibat Saraf Kejepit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

registrasi@lamina.co.id

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Jadwal Praktik


Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS

Senin   : 13:00 - Selesai
Rabu    : 13:00 - Selesai
Jumat  : 13:00 - Selesai


Dr. Bismo Nugroho, SpBS

Rabu    : 14:30 - 17:00
Kamis  : 14:00 - 17:00


Dr. Victorio, SpBS, FINPS

Selasa  : 17:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 18:00


Dr. Faisal, M.Ked (Neurosurg), Sp.BS

Senin    : 10:00 - 13:00
Selasa   : 10:00 - 13:00
Rabu     : 10:00 - 13:00
Kamis   : 10:00 - 13:00
Jumat   : 10:00 - 13:00


Prof. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


Dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


Dr. Rifalisanto, SpKFR

Selasa   : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin   : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat     : 16:00 - Selesai


dr. Melsa aprima, SpPD

Rabu     : 15:00 - 18:00
Jumat     : 15:00 - 18:00


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Senin     : 13:00 - 15:00
Rabu     : 13:00 - 15:00


dr. Ratih Puspa, Sp.N

Selasa     : 17:00 - 20:00
Kamis     : 17:00 - 20:00