sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk

Punggung Sebelah Kiri Sakit Seperti Ditusuk, Ini Penyebab Utamanya

Sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk merupakan keluhan yang tidak boleh dianggap remeh. Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, nyeri punggung sebelah kiri atas dapat menjadi tanda masalah kesehatan serius.

Siapapun orangnya tidak ada yang mau merasakan nyeri punggung karena dapat mengganggu aktivitas, termasuk saat nyeri hanya dirasakan di satu sisi bagian kiri atas. Pernah merasakan sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk? Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh saat Anda merasakan kondisi tersebut?

Untuk mengidentifikasi nyeri punggung sebelah kiri atas kita dapat melihat secara anatomi organ apa yang ada di sisi kiri tubuh kita. Termasuk didalamnya adalah, ginjal, usus besar. Saat Anda merasakan sakit di punggung kiri atas bisa saja ada kaitan dengan gangguan organ tersebut.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Penyebab Nyeri Punggung Kiri Atas

Nyeri pada punggung tentu berbeda pada setiap orang. Ada yang merasa seperti ditusuk, ngilu, hingga tegang. Saat beraktivitas pun kondisi tubuh seseorang akan berbeda pula. Umumnya nyeri punggung kiri atas akan membaik dengan istirahat jika penyebabnya dari kelainan otot.

Ada juga yang merasa nyeri jadi berkurang saat melakukan peregangan atau stretching, namun ada yang justru merasa bertambahnya nyeri di punggung atas.

Dirangkum dari beberapa literatur yang ada, beriku penyebab sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk, diantaranya:

1. Kerusakan pada jaringan lunak punggung

Saat otot atau ligamen pada punggung tegang, yang umumnya diakibatkan aktivitas berulang, peradangan bisa saja terjadi. Kondisi serupa berlaku saat otot seseorang robek karena aktivitas berlebih. Peradangan ini selanjutnya menimbulkan rasa nyeri pada punggung atas.

2. Gangguan rongga tulang belakang

Dalam dunia kedokteran, rongga tulang belakang disebut dengan spinal column. Gangguan tulang belakang ini terjadi karena herniasi bantalan sendi, radang sendi, atau disfungsi pada sendi sacroiliac. Akibatnya, penderita akan merasakan rasa nyeri di punggung atas yang membutuhkan pertolongan medis segera.

3. Nyeri Punggung Kiri Atas Akibat Gangguan Fungsi Ginjal

Sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk

Sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk

Sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk dapat menjadi tanda adanya batu ginjal. Rasa nyeri muncul saat batu ginjal bergerak mendekati uretra. Biasanya, selain nyeri punggung atas, gejala lain adalah rasa ingin buang air kecil terus-menerus.

Tak hanya batu ginjal, infeksi ginjal juga bisa menjadi penyebab nyeri punggung sebelah kiri seperti ditusuk. Saat terdapat infeksi yang menjadikan adanya peradangan muncullah rasa sakit pada ginjal. Ini bertambah berat saat Anda bergerak atau mendapatkan tekanan.

4. Gangguan saluran reproduksi

Ketika Anda mengalami sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk, bisa jadi tanda masalah pada saluran reproduksi. Gangguan ini umum terjadi pada wanita seperti endometriosis dan fibroid.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Ciri-ciri rasa nyerinya seperti ditusuk dan menyebar hingga punggung bagian kiri atas. Nyeri akan semakin berat saat periode menstruasi hadir.

5. Kehamilan

Wanita hamil juga dapat mengalami nyeri punggung bagian kiri. Saat hamil, bayi dalam kandungan mengalami pertumbuhan dan tubuh ibu harus menyesuaikan.

Rasa nyeri yang dialami wanita hamil bervariasi mulai dari nyeri konstan, hingga nyeri seperti ditusuk. Dokter biasanya akan menyarankan wanita hamil olahraga ringan serta istirahat cukup untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul.

6. Radang usus

Peradangan usus besar disebut ulcerative colitis. Ketika seseorang mengalami ulcerative colitis, penderita akan merasa kram dengan nyeri bagian perut hingga ke punggung bagian atas.

Selain itu, radang usus umumnya diikuti dengan gejala lain berupa diare, sakit perut, hingga penurunan berat badan.

7. Sakit Punggung Sebelah Kiri Seperti Ditusuk Akibat Gangguan pankreas

Peradangan akibat gangguan fungsi pankreas dapat juga menyebabkan sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk yang menjalar dari arah depan. Umumnya, pasien akan merasakan nyeri yang semakin hebat usai mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Nyeri punggung bagian kiri dapat terjadi kapan saja. Entah itu saat tubuh kelelahan, kurang cairan, hingga karena masalah kesehatan lain. Jika nyeri punggung hanya disebabkan faktor kelelahan, ia akan hilang dengan sendirinya setelah Anda beristirahat.

Namun, apabila nyeri punggung terjadi karena masalah kesehatan. Nyeri dapat menjadi ‘sinyal’ bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Periksakan diri ke Lamina Pain and Spine Center untuk mengetahui penyebab sakit punggung sebelah kiri seperti ditusuk Anda. Tindakan yang dapat dilakukan meliputi fisioterapi, pemberian obat, suntik, penggunaan penyangga tulang (brace), hingga minimally invasive surgery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini