nyeri punggung

Nyeri Punggung Bagian Atas

0Shares

Mungkin masih terasa asing bagi awam untuk mengetahui kemajuan teknologi kedokteran saat ini. Namun sebenarnya blokade nyeri pada punggung bagian leher atas sudah lama dikenal di dunia kedokteran. Seperti kita ketahui, nyeri merupakan suatu sensasi tubuh yang mengakibatkan ketidaknyamanan. Kondisi ini selanjutnya membuat pasien menderita, bahkan kehilangan produktivitas. Nyeri punggung adalah salah satu masalah kesehatan paling umum dijumpai, perubahan gaya hidup merupakan salah satu faktor utama yang berperan.

Perlu dicatat bahwa terapi nyeri punggung atas sangat beragam. Dalam beberapa literatur medis dikatakan suntikan obat merupakan terapi yang lebih masuk akal daripada obat oral. Arti di balik suntikan yang lebih efektif adalah pemberian obat anti- inflamasi segera pada saat muncul ketidak nyamanan leher bagian atas.


syaraf kejepit endoskopi PELD lamina

Nyeri punggung bagian atas seringkali datang tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Meski demikian kondisi ini dapat muncul kembali dengan rasa sakit yang lebih hebat. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah cidera tulang. Dapat juga disebabkan masalah pada ligamen penghubung di sekitar sendi.

Kondisi lainnya adalah masalah pada sendi facet. Nyeri pada sendi facet juga tergantung pada sendi mana yang terpengaruh.  Anda dapat merasa sakit jika sendi facet cidera. Cidera sendi facet kadang terasa hanya seperti tekanan otot. Dikatakan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS, Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri Tulang Belakang Jakarta, gangguan pada punggung bagian atas dapat menimbulkan nyeri berlebih dan berkepanjangan sehingga penderitanya tidak dapat bekerja, melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan berujung pada kelumpuhan atau depresi.

Penyebab Nyeri Punggung Bagian Atas

Kerusakan sendi facet juga sering menjadi penyebab nyeri punggung bagian atas hingga leher. Kerusakan sendi facet merupakan penyebab nyeri leher yang umumnya berlangsung cukup lama dan dirasakan lebih dari 3 bulan sehingga sering dianggap sebagai nyeri kronis. Gejala yang Anda rasakan ketika mengalami cidera facet adalah sakit pada satu tempat atau lebih.

Baca juga : Nyeri Punggung

Sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan radiologi penunjang seperti X-ray hingga Magnetic Resonance Imaging (MRI). Cara terbaik untuk mendiagnosa dan terapi rasa sakit akibat cidera facet adalah menghambat sinyal rasa sakit pada syaraf cabang medial.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan atau semangat. Karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien nyeri punggung atas. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang atau saat ini dikenal sebagai Lamina Pain and Spine Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini