nyeri punggung

Nyeri Punggung Belakang ini Solusinya

Penyebaran nyeri punggung belakang di Indonesia banyak dijumpai pada usia > 40 tahun. Keluhan yang paling sering dijumpai lebih dari 49 percent terutama di negara maju. Pada negara maju, nyeri punggung belakang dialami 70%-80% penduduk, 1-2 percent perlu dievaluasi untuk tindakan bedah, 8 percent sembuh selama 8-12 minggu, 90 percent sembuh spontan selama 2 sampai 6 minggu cenderung berulang (90%).

Penyebab umum nyeri punggung belakang biasanya, faktor usia/degeneratif, kongenital/ masalah perkembangan tulang. Cidera ringan seperti (tegang atau keseleo, tertarik). Dapat juga disebabkan oleh Patah tulang, Herniasi diskus intervertebral, Penyebaran tumor, infeksi/inflamasi, Psikosomatis. Hingga masalah postural (sikap duduk, sikap berdiri, sikap membawa beban) yang tidak tepat.

Penyebab mekanis nyeri punggung bawah atau penyebab intrinsik/dari dalam (postur dan sistem otot) umumnya postur dan sistem otot kurang baik. Biasanya postur badan yang kurang baik bisa di lihat dengan letak kepala maju atau mundur, kelainan bentuk dada. Hingga pada kondisi perut menonjol, Kelainan bentuk tulang belakang, pantat menonjol, hingga kekuatan otot kurang, karena kurang olah raga.

Postur dan sistem otot yang baik: Kepala tegak, Dada tinggi/tegak, Perut masuk ke dalam, Punggung lurus,Bagian atas pantat cekung, Berat badan perfect, Tonus/Kekuatan otot baik, (dengan olah raga teratur).

Penyebab ekstrinsik/dari luar: posisi uterus yang tidak normal, tumor kandungan, kista ovarii, infeksi panggul, infeksi muluit rahim. Penyebab karena masalah prostat seperti : pembesaran prostat, infeksi, radang prostat kronis. Masalah pada ginjal, seperti batu ginjal, infeksi, tumor ginjal. Hingga penyakti sendi seperti osteoarthritis, asam urat.

Latihan Penguatan dan Terapi Nyeri Punggung Bagian Belakang

Peregangan otot hamstring. duduk, kaki lurus ke depan, badan dibungkukkan untuk berusaha menyentuh ujung kaki, Latihan pergelangan kaki gerakkan pergelangan kaki ke depan dan ke belakang Latihan menggerakkan tumit, menggeser tumit, Latihan mengangkat punggung, telentang dengan lutut dan punggung menekuk, kaki bertumpu di lantai, punggung diangkat, Latihan mengangkat kaki menekuk satu lutut, meluruskan kaki yang lain dan mengangkatnya dalam posisi lurus 12-20 cm dan tahan selam 1-5 detik.

Baca juga : Nyeri Punggung

Sebuah penelitian yang didanai oleh pemerintah menunjukkan bahwa pijat dapat membantu meringankan sakit punggung bawah kronis, Setelah 10 minggu orang-orang yang dipijat rutin setiap minggunya mengalami sedikit rasa sakit dan lebih mampu untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pijat dapat menurunkan rasa nyeri melalui relaksasi otot dan mengendurkan ketegangan-ketegangan fikiran.

Akupuntur, Sebuah penelitian di Jerman tentang manfaat terapi akupunktur kepada pasien nyeri punggung bawah mengungkapkan bahwa dengan adanya terapi akupunktur tersebut dapat mengurangi intensitas nyeri yang diderita pasien (Farmacia, 2006).

Tatalaksana dan Pencegahan Nyeri Punggung Kronis

Terapi nyeri punggung bawah akut ditambah dengan pemberian obat antikonvulsan dan antidepresan. Penyuntikan anti radang di sendi pusat nyeri (Nerve root block). Hingga tindakan operasi sesuai indikasi (menghilangkan penyebab nyeri, memperluas ruang sendi).

Tidak ada cara pasti untuk mencegah nyeri pinggang seiring usia, tapi yang dapat dilakukan adalah :

  1. Menjaga berat badan
  2. Berolah raga teratur
  3. Mengangkat barang dengan kekuatan kaki, bukan punggung
  4. Pastikan posisi kerja tidak memperberat nyeri

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon