Cedera ligamen

Ligamen Cedera? Ini Gejala Hingga Cara Pencegahannya

Ligamen adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan tulang dengan tulang. Salah satu fungsi penting dari ligeman adalah menahan struktur dan menjaga tulang dalam posisi stabil.

Saat beban yang ditumpukan pada sendi terlalu berlebih ligamen dapat mengalami peregangan, bahkan kemungkinan terjadi cidera.

Salah satu contoh di bagian lutut kita. Ada setidaknya 4 ligamen utama yang ada di lutut, diantaranya;

  1. Anterior curciate ligament (ACL). Merupakan ligamen yang berada di bagian tengah dari lutut kita, fungsinya mengkontrol rotasi dan gerakan ke bagian depan dari tibia atau kita sebut sebagai tulang kering.
  2. Posterior curciate ligament (PCL). Merupakan ligamen yang terletak di bagian belakang lutut yang bertugas mengkontrol gerak dari tibia ke bagian belakang.
  3. Medial collateral ligament (MCL). Merupakan ligamen yang memberikan stabilitas pada lutut bagian dalam.
  4. Lateral collateral ligament (LCL). Merupakan ligamen yang memberikan stabilitas pada lutut bagian luar.

Ligamen ACL paling Sering Cedera

Cedera ligamen pada bagian lutut

Cedera ligamen pada bagian lutut

Cidera ACL umum terjadi pada atlet yang ikut dalam olahraga dengan intensitas tinggi, seperti sepak bola dan basket. Sekitar 80 percent kasus cedera ligamen lutut ini terjadi pada atlet.

Selain itu, kondisi ini lebih banyak terjadi pada individu berjenis kelamin perempuan dibanding dengan laki-laki. Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, perempuan memiliki kesempatan 2 hingga 4 kali lipat mengalami cedera di lututnya daripada laki-laki.

Baca juga : Cedera otot biceps dan triceps

Diduga perbedaan tersebut berkaitan dengan bentuk tubuh perempuan yang berbeda dengan laki-laki, misalnya bentuk panggul perempuan yang lebih lebar, otot perempuan yang cenderung lebih elastis, serta faktor hormonal yang memengaruhi elastisitas otot perempuan.

Kondisi cedera ini dapat diatasi dengan cara mengenali apa saja faktor-faktor risiko yang ada.

Gejala Cedera Ligamen

  • Nyeri yang bertambah ketika Anda menggerakkan area yang sakit
  • Kaku pada area yang terkena, yang dapat memburuk di pagi hari
  • Terdapat sensasi berderak ketika tendon bergerak
  • Terdapat pembengkakan, terkadang terasa hangat hingga berwarna kemerahan
  • Benjolan pada area yang mengalami nyeri
  • Bila ligamen Anda sobek, Anda akan merasakan nyeri hebat yang muncul tiba-tiba, yang pada akhirnya akan menjadi nyeri tumpul yang dirasakan terus menerus, atau tidak nyeri sama sekali.

Pergerakan pada area yang sakit juga akan menjadi lebih sulit hingga kemungkinan Anda tidak dapat berjalan atau berlari.

Pencegahan Cedera Ligament

Terkadang kita melupakan atau menganggap remeh pentingnya pemanasan. Padahal pemanasan bertujuan untuk meningkatkan aliran darah, oksigen dan nutrisi, sehingga otot, tendon, ligamen dan sendi akan lebih lentur dan siap untuk meregang.

Jangan lakukan peregangan hingga Anda merasa sakit, dan jangan melompat menggunakan otot yang teregang sepenuhnya. Hal lain yang dapat mencegah terjadinya cidera pada ligament diantaranya;

  1. Selalu gunakan alas kaki yang sesuai ukuran dan penggunaannya.
  2. Jangan melakukan aktivitas melebihi kemampuan Anda.
  3. Sebaiknya Anda tidak melakukan banyak aktivitas dalam waktu yang bersamaan.

Anda juga dapat berkonsultasi kepada instruktur olahraga untuk mengetahui olahraga yang tepat untuk Anda. Atau melakukan konsultasi ke dokter spesialis Lamina Pain and Spine Center.

Pendinginan, seperti halnya pemanasan sebelum olahraga, Anda juga harus melakukan pendinginan. Lakukan gerakan melambat dan dengan intensitas yang berkurang selama setidaknya 10 menit sebelum Anda berhenti sepenuhnya.

Hindari gerakan berulang. Jika pekerjaan Anda melibatkan gerakan berulang, mintalah kepada atasan Anda untuk memberikan waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk mengubah aktivitas atau cara Anda melakukan sesuatu.
Misalnya, jika Anda cedera akibat berlari, Anda dapat menggantinya dengan berenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini