Kelumpuhan wajah melorot atau bell's palsy

Kelumpuhan Wajah Melorot Mulai Menyerang Kaum Muda!

Kelumpuhan pada wajah atau yang terkenal dengan nama Bell’s palsy dalam dunia medis sering dihubungkan dengan penyakit stroke atau hanya menyerang para lansia. Tak banyak yang tahu, ternyata penyakit ini juga bisa menyerang kaum muda. Tak hanya bisa membuat wajah menjadi melorot/asimetris, ternyata kelumpuhan wajah juga bisa menjadi tanda penyakit yang berbahaya. Yuk kenal apa itu bell’s palsy di bawah ini!

Apa itu kelumpuhan wajah

Kelumpuhan wajah

Kelumpuhan wajah merupakan kondisi di mana penderitanya merasakan hilangnya kontrol pada otot/saraf yang ada pada bagian wajah secara tiba-tiba pada satu sisi wajah. Sering disalahartikan sebagai pertanda penyakit stroke pada lansia, namun tak banyak yang tahu bahwa lumpuhnya wajah bisa terjadi pada remaja hingga anak kecil.

Baca juga: Nyeri Wajah Paling Tak Tertahankan Adalah Trigeminal Neuralgia

Penyebab yang terjadi pada kaum muda

Lumpuhnya satu sisi wajah terjadi akibat saraf yang mengendalikan otot-otot pada wajah menjadi membengkak atau meradang. Saraf yang meradang tersebut tidak mampu mengirimkan sinyal ke otak seseorang. Sehingga saraf yang mengontrol mata, air liur, dan indera perasa juga dapat terpengaruh. Inilah yang menyebabkan penderitanya sulit mengontrol wajah mereka, sehingga satu sisi wajah nampak melorot. Ada beberapa yang menjadi penyebab lumpuhnya wajah pada anak muda, antara lain:

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup kurangnya olahraga, atau gerak membuat tubuh kamu mudah terkena penyakit berbahaya. Salah satunya stroke dan diabetes, yang saat ini mulai menyerang para anak muda. Kedua penyakit ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada wajah yang membuat satu sisi wajah menjadi melorot.

  • Terlalu banyak konsumsi makanan tak sehat

Makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan manis dan lainnya mampu membuatmu terserang penyakit stroke, hingga diabetes, jantung, dll. Penyakit di atas juga rentan menyerang saraf dan otot pada tubuh, termasuk are wajah yang menjadi penyebab bell’s palsy.

  • Flu

Penyakit flu juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan salah satu sisi wajah menjadi melemah atau melumpuh yang menjadi salah satu penyebab bell’s palsy.

Penyembuhan

Kelumpuhan pada wajah bisa hilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus bell’s palsy ini dapat datang kembali akibat faktor stres atau pola hidup. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah lumpuhnya wajah yang melorot. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat/vitamin, obat anti-virus (kebanyakan bells palsy disebabkan oleh virus), dan yang terakhir adalah senam wajah dengan fisioterapi.

Fisioterapi untuk kelumpuhan wajah

Fisioterapi merupakan serangkaian tindakan yang bertujuan sebagai terapi rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tubuh agar kembali normal. Terapi ini bisa menjadi salah satu opsi yang bisa penderita bell’s palsy agar sistem saraf dan otot kembali dapat berfungsi normal kembali. Menurut beberapa penuturan dari penderita Bell’s palsy menyebutkan bahwa fisioterapi dapat membuat mereka cepat pulih. Selain itu, semakin cepat kamu melakukan konsultasi dengan dokter maka semakin cepat juga bell’s palsy akan pulih. Kamu bisa loh, melakukan konsultasi mengenai bells palsy melalui Klinik Lamina Pain and Spine Center. Konsultasi secara langsung maupun melalui layanan online!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini