Nyeri pinggang sebelah kiri

Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, ini Sebab dan Jenisnya

0Shares

Nyeri pinggang sebelah kiri, sering terjadi pada populasi orang Indonesia. Seperti kita tahu, tulang lumbar atau masyarakat awam menyebutnya sebagai punggung bawah tersusun secara apik pada tulang belakang manusia.

Di dalamnya mencakup struktur sendi, saraf, ligament dan otot yang saling terhubung dan memberikan dukungan satu sama lain membentuk suatu kekuatan namun tetap fleksibel. Karena adanya stress atau beban sehari-hari tulang belakang  bagian bawah/ pinggang kiri rentan mengalami cidera atau rasa nyeri sebelah.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Pinggang tersusun dari 5 ruas tulang belakang yang disebut sebagai tulang lumbar 1, lumbar 2, lumbar 3, lumbar 4 dan lumbar 5. Fungsinya menumpu berat tubuh bagian atas, agar tetap dapat melakukan gerakan sehari-hari yang meliputi, membungkuk, memutar pinggul dan lain-lain.

Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kiri

Sebagian besar nyeri pinggang sebelah kiri terjadi akibat cidera pada otot, ligament, sendi tulang dan bantalan sendi tulang belakang. Meski pada umumnya tubuh bereaksi terhadap cidera dengan cara memobilisaasi respon penyembuhan peradangan, dalam kondisi tertentu tetap membutuhkan terapi medis. Meski awalnya ringan saat kondisi ini dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan rasa sakit yang berat dan sangat menyiksa penderitanya.

Saraf yang Terhubung Sebabkan Nyeri Pinggang Sebelah Kiri

Banyak saraf yang terhubung dengan bantalan sendi tulang belakang, otot, ligament dan struktur tulang belakang lainnya. Namun sulit buat otak menentukan penyebab sesungguhnya nyeri terjadi dimana. “

Sebagai contoh saat bantalan sendi tulang belakang mengalami robekan atau bergeser, rasa nyeri yang dialami pasien sama dengan spasme otot di daerah tulang belakang. Menyakitkan dan terjadi di daerah yang sama,” jelas dr. Sri Wahyuni, SpKFR. Yang membedakan adalah jika masalah yang terjadi pada otot atau ligament nyeri pinggang lebih cepat hilang dibandingkan dengan bantalan sendi yang mengalami robekan.

Baca juga : Trigeminal neuralgia adalah

Tipe dan Jenis Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang muncul dengan beberapa kondisi bisa bersifat ringan hingga berat. Terkadang dapat muncul dengan adanya kelemahan anggota tubuh lainnya.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Hadirnya nyeri pinggang sebelah kiri juga dapat terjadi secara perlahan, tiba-tiba datang dan pergi begitu saja atau bertahap dan memburuk seiring bertambahnya waktu. Terdapat beberapa jenis tipe nyeri pada pinggang yang sering muncul, diantaranya;

  • Nyeri pinggang yang tumpul atau pegal terutama di bagian pinggang
  • Nyeri yang menusuk dan sangat menyengat seperti rasa terbakar menjalar dari pinggang ke paha, betis dan telapak kaki. Pada kondisi nyeri pinggang semacam ini juga sering disertai dengan mati rasa, kesemutan hingga linu panggul
  • Ketegangan otot punggung, baik di daerah pinggang, panggul dan pinggul.
  • Nyeri pinggang menusuk yang memburuk saat duduk dalam jangka waktu lama, atau berdiri dalam intensitas lama.
  • Nyeri pinggang yang disertai kesulitan berdiri tegak, berjalan atau merubah posisi dari duduk ke berdiri atau sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini