Dokter syaraf kejepit yang bagus

Dokter Syaraf Kejepit Yang Bagus Adalah Dokter Spesialis?

Tak bisa dipungkiri banyak orang bertanya-tanya, dokter spesialais yang khusus menangani syaraf kejepit yang bagus itu dokter apa? Karena terdapat banyak sekali dokter spesialis yang menangani syaraf kejepit dan terkesan membingungkan. Namun Anda tak usah ragu, semua dokter memiliki tujuan yang mulia, menyembuhkan pasien saraf kejepit sesuai dengan bidang kedokteran atau spesialisasi yang ia miliki dan di terapkan dalam praktek.

Bukan menjadi rahasia lagi, sebanyak 60-80% populasi pernah mengalami nyeri pinggang atau tulang belakang selama hidupnya. Nyeri pinggang atau tulang belakang seringkali disebabkan oleh syaraf kejepit atau dalam dunia kedokteran disebut sebagai Herniated Nucleus Pulposus atau HNP.

Syaraf Kejepit Ke Dokter Apa

Saat Anda mengalami syaraf kejepit ke dokter apa lalu kita berobat? Kondisi tersebut adalah pertanyaan banyak pihak.

Secara keilmuan dokter yang menangani saraf kejepit dapat dilakukan oleh beberapa bidang ilmu kedokteran diantaranya. Dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis syaraf, dokter spesialis bedah syaraf, dokter spesialis rehabilitasi medik, dokter spesialis anastesi dan dokter spesialis orthopaedi.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam dengan gelarnya SpPD umumnya mengatai syaraf terjepit secara medika mentosa atau obat-obatan. Ketiadaan dokter spesialis lain menjadikan peran dokter penyait dalam menjadi penting dalam menangani masalah saraf kejepit ini. Terutama di daerah-daerah yang belum memiliki banyak dokter spesliasis bedah syaraf atau dokter orthopaedi.

Sistem kesehatan berjenjang juga menyumbang peran pada pasien syaraf terjepit ini. Tak jarang bahkan pasien syaraf kejepit ditemukan terlebih dahulu oleh dokter umum di klinik pratama atau puskesmas. Meski obat sudah diberikan, karena nyerinya tidak kunjung reda, dokter umum selanjutnya memberikan rujukan pada dokter spesialis diatasnya. Dan yang paling banyak adalah dokter penyakit dalam.

Dokter Spesialis Saraf

Dokter spesialis saraf dengan gelar SpS menjadi dokter yang juga banyak menerima pasien syaraf kejepit. Ini karena pasien sebelumnya mengeluh kebas di bagian tubuh tertentu, kesemutan, hilangnya sensasi di telapak tangan atau kaki. Yang membuatnya mengira ada masalah dengan kondisi sarafnya. Dokter selain menyarankan untuk melakukan pemeriksaan radiologi atau test fungsi saraf pasien, tidak menutup kemungkinan akan memberikan obat-obatan yang mampu mengatasi gangguan syaraf.

Dokter Speslialis Bedah Saraf Yang Bagus Untuk Syaraf Kejepit

Dokter syaraf kejepit yang bagus

Dokter syaraf kejepit yang bagus

Peran dokter spesialis bedah saraf atau yang kita kenal dengan gelar SpBS sangat bagus dalam mengatasi masalah syaraf kejepit. Saraf terjepit umum disebabkan oleh bantalan sendi tulang belakang yang menonjol, tulang yang mengalami pergeseran, adanya massa tumor atau cairan tertentu yang menekan syaraf tulang belakang hingga kondisi lainnya.

Saat sudah di pastikan dengan pemeriksaan radiologi seperti magnetic resonance imaging pada tulang belakang. Saat obat-obatan atau terapi latihan fisik tidak memberikan hasil, dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan pada pasien. Saat ini ada 2 pendekatan medis untuk mengatasi masalah saraf kejepit, yakni bedah terbuka dan bedah minimal.

Bedah terbuka merupakan tindakan untuk mengatasi masalah syaraf kejepit yang bagus tempo dulu oleh dokter. Ini karena harus membuka punggung pasien, memotong tulang untuk bisa sampai melihat syaraf yang mengalami penekanan. Selain risiko komplikasi yang besar, pemulihan pasien juga menjadi cukup lama, karena sayaran yang dilakukan bisa mencapai 10-15 cm. Belum lagi pemulihan untuk mengembalikan fungsi jaringan penyangga tulang belakang seperti otot dan tulangnya.

Saat ini dengan kemajuan teknologi kedokteran yang ada, syaraf kejepit sudah bisa diatasi dengan teknologi Endoskopi. Endoskopi menjagkau seluruh bagian tulang belakang, baik leher, punggung hingga pinggang. Keuntungan dari tindakan endoskopi adalah sayatan yang kecil hanya 7 mm menjadikan proses penyembuhan pasien syaraf kejepit menjadi lebih cepat. bantuan kamera endoskopi pada alat juga menurunkan risiko cedera jaringan saat tindakan sehingga meninimalkan komplikasi pada pasien. Salah satu yang penting meminimalkan risiko kelumpuhan yang dapat terjadi pada pasien.

Dokter Spesialis Anastesi

Dokter spesialis anastesi dengan gelarnya SpAn, dapat mengatasi masalah syaraf kejepit terutama dengan teknologi intervensi nyeri. Ada berbagai modalitas yang dapat dilakukan, seperti nerve block dengan menggunakan obat hingga radiofrekuensi ablasi. Teknik ini dirasa cukup efektif menghilangkan keluhan yang dirasakan pasien.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Keunggulan lainnya adalah biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tindakan pembedahan baik metode terbuka atau konvensional maupun dengan bedah minimal seperti endoskopi. Lamina Pain and Spine Center memiliki tim dokter anastesi yang handal, terutama dalam intervensi nyeri.

Dokter Rehabilitasi Medik Yang Bagus Untuk Syaraf Kejepit

SpKFR atau SpRM adalah gelar yang diberikan pada dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. Peran dokter rehabilitasi medik dalam menangani syaraf kejepit, yang bagus saat setelah tindakan operasi baik konvensional maupun minimal dilakukan. Ia berperan dalam pengembalian fungsi otot-otot atau jaringan sekitar yang kaku paska tindakan operasi.

Dokter rehabilitasi medis mengatasi masalah syaraf kejepit atau HNP umumnya melalui pendekatan holistik dan bukan tindakan pembedahan seperti dokter ortopedi. Hal ini seringkali menjadi pertimbangan banyak orang saat memilih dokter untuk masalah HNP. Tidak dipungkiri bahwa 9 dari 10 orang yang mengalami HNP takut dilakukan tindakan operasi terbuka. Sehingga bedah minimal jadi solusinya. Ada sekitar 895 pasien yang sudah menjalani terapi endoskopi untuk syaraf terjepit tulang belakang di Klinik Lamina. Ini merupakan jumlah yang paling besar bahkan di kawasan Asia Tenggara.

Tidak diragukan lagi, dokter rehabilitasi medis dalam melakukan terapi tidak terfokus hanya kepada trauma fisik yang menimbulkan keluhan. Dokter rehabilitasi medik juga mempertimbangkan aspek kehidupan pasien dalam aktivitas sehari- hari, pekerjaan, dan psikologis.

Tujuan utamanya pasien memiliki kemampuan fungsional yang optimal dan mencegah terjadinya kecacatan serta ketergantungan hidup pada orang lain.

Dalam pendidikan kedokteran, dokter rehabilitasi medis mempelajari tentang ilmu gerak (kinesiologi), anatomi otot tulang sendi, hingga penggunaan alat- alat terapi. Selain itu dokter rehabilitasi medik juga mempelajari jenis gerakan-gerakan secara lebih mendetail sehingga akan menunjang pemulihan kondisi pasien syaraf kejepit paska tindakan operasi. Hal inilah yang menjadikan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik Lamina Pain and Spine Center sebagai dokter syaraf kejepit yang bagus.

Kapan Penderita Syaraf Kejepit Datang Ke Dokter Spesialis yang Bagus

Saat Anda memiliki masalah kesehatan seperti nyeri kronis atau trauma repetitif (trauma akibat gerakan berulang) yang menimbulkan hambatan beraktivitas maupun hambatan pekerjaan.

Dokter spesialis saraf kejepit dalam menangani pasien akan menanyakan riwayat penyakit sebelumnya, memeriksa, meminta pemeriksaan penunjang seperti CT-scan atau MRI tulang belakang pada kasus HNP.

Untuk penanganan awal maka dokter spesialis saraf kejepit akan memberikan terapi konvensional, namun apabila terdapat risiko yang menimbulkan kondisi memburuk maka dapat dirujuk untuk tindakan intervensi seperti pembedahan.

Untuk penatalaksanaan konservatif, dokter spesialis saraf kejepit akan memberikan anti-nyeri untuk diminum atau disuntik apabila nyeri dirasakan sangat berat (tindakan intervensi). Biasanya pemberian obat anti-nyeri diberikan selama 5 hari diiringi fisioterapi dengan mesin dan edukasi gerakan yang mengobati sumber nyeri di rumah.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Hp/WA 0812 8281 8473

 

Fisioterapi yang dapat diberikan pada pasien HNP seperti ultrasound, Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), terapi laser, dan traksi dengan Triton-DTS hingga metode terbaru Manuthera khusus tulang belakang. Yang kesemuannya ini terdapat di Lamina Rehab bagian dari Lamina Pain and Spine Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini