Apa Penyebab Nyeri Trigeminal Neulragia ? Kenali gejalanya

Anda merasa seperti sakit gigi, namun tidak kunjung sembuh meskipun sudah berulangkali ke dokter  gigi? Atau bahkan Anda tetap nyeri meskipun sudah mencabut beberapa gigi Anda? Rasa nyeri karena Trigeminal Neulragia itu disebabkan oleh persentuhan saraf dengan pembuluh darah. Persentuhan itu sendiri disebabkan karena posisi pembuluh darah yang posisinya berdekatan dengan saraf itu. Persenggolan akan mengakibatkan munculnya cetusan listrik. Ini akan dirasakan seperti rasa ditusuk-tusuk (Tersetrum), dan Anda merasakan seolah-olah masalah tersebut asalnya dari gigi atau kulit wajah, padahal bukan itu sumber masalahnya. Walaupun Anda pergi ke dokter gigi tidak akan sembuh.

Apa saja tanda-tanda dan gejala neuralgia trigeminal?

Gejala yang paling umum terjadi yaitu rasa sangat sakit seperti ditusuk atau disengat oleh listrik pada bagian wajah yang dipengaruhi oleh saraf dan cabang-cabangnya. Rasa nyeri dapat terasa serupa dengan tersengat setrum, kejang atau keram, atau rasa terbakar yang terus menerus dengan intensitas rasa sakit yang lebih rendah. Penderita dapat merasakan sakit pada satu titik di area wajah atau seperti menyebar ke seluruh wajah, namun sakit jarang dirasakan pada kedua sisi wajah. Kondisi ini dapat dengan mudah terpicu oleh kegiatan lain, seperti menyikat gigi bahkan berbicara.

Nyeri hebat yang terasa dalam waktu singkat cenderung datang dan pergi pada area rahang, bibir, mata, hidung, kulit kepala, dahi, dan pada wajah. Rasa sakit dapat timbul tanpa adanya gejala awal, atau dapat terjadi ketika Anda bicara, mengunyah, berdandan, mencuci muka, atau menggosok gigi. Terkadang, bahkan ketika Anda menyentuh bagian tertentu saja dapat menimbulkan rasa sakit. Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apa penyebab Trigeminal Neulragia?

Penyebab penyakit ini belum diketahui pasti. Terkadang, penyakit dapat muncul setelah pencabutan gigi, trauma saraf wajah, infeksi virus herpes, atau penekanan pada saraf wajah akibat pembuluh darah atau tumor.

Apa yang meningkatkan risiko untuk Trigeminal Neulragia?

Ada banyak faktor risiko untuk Trigeminal Neulragia, yaitu:

  • Jenis kelamin: Wanita lebih mudah terkena penyakit ini dibandingkan oleh pria
  • Genetik: Penyakit ini memiliki potensi untuk diturunkan ke anggota keluarga
  • Umur: Anda berisiko menderita penyakit ini jika umur Anda di atas 50 tahun
  • Status kesehatan: Jika Anda memiliki Multiple Sclerosis maka Anda berisiko untuk terkena neuralgia trigeminal

Penyakit ini memang langka, dan pengobatannya juga membutuhkan penanganan khusus. Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Kami dapat membantu mengobati trigeminal anda dengan dr Mahdian Nur Nasution,SpBS. Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan. Karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telp