Penyebab nyeri punggung

10 Penyebab Nyeri Punggung Tak Berkaitan Dengan Cedera

JAKARTA — Nyeri punggung cukup umum dan tidak selalu cedera sebagai penyebab nya. Duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama, sering membungkuk di telepon dan gadget Anda, dan mengenakan sepatu yang sangat datar dapat menjadi penyebab nyeri punggung juga.

Hubungi Call Center Kami di (021) 7919-6999

 

Wanita hamil atau yang tidur di kasur yang tidak mendukung juga dapat memicu sakit punggung. Jika sudah ada cedera sebelumnya dapat membuat sakit punggung jadi lebih parah. Berikut beberapa penyebab umum nyeri punggung yang tidak melibatkan cedera, diantaranya;

1. Beristirahat Terlalu Lama

Duduk dianggap sebagai posisi yang cukup nyaman untuk istirahat. Namun jika dilakukan dalam satu posisi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kompresi pada tulang belakang dan punggung Anda, demikian dikutip dari laman Bussiness Insider .

Diskus di antara tulang belakang Anda sangat bergantung pada gerakan untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Ketika diskus dibiarkan diam selama berjam-jam, akan memberi pengaruh buruk pada saraf di sekitarnya.

Beristirahatlah dan lakukan peregangan ringan atau berjalan-jalan di sela-sela waktu duduk Anda . Gerakan sederhana ini bisa menghilangkan tekanan dari saraf Anda.

2. Menghabiskan Waktu di Depan Komputer Penyebab Utama Nyeri Punggung

Duduk di kursi kerja Anda untuk waktu yang lama dapat memberi tekanan pada tulang belakang Anda, yang menyebabkan Anda merasa sakit tiba-tiba atau berkelanjutan. Banyak hal yang biasa Anda lakukan saat duduk juga dapat berkontribusi untuk sakit punggung.

Apakah itu memegang telepon – biasanya di satu sisi – mengangkat tangan Anda menggunakan keyboard, atau mendorong kepala Anda ke depan untuk melihat monitor, tulang belakang sering diletakkan pada posisi yang tidak netral. Luangkan waktu untuk bangun dan berjalan sesering mungkin, tetapi idealnya setidaknya sekali per jam.

3. Menunduk Melihat ke Gadget tak Hanya Berisiko Leher Terkilir

Text neck syndrome” adalah masalah yang semakin nyata bagi kita yang biasa membungkuk pada perangkat kita selama beberapa jam sepanjang hari. Terus menerus memandangi alat kecil adalah cara mudah untuk menyebabkan ketegangan otot dan rasa sakit di leher dan juga dapat menyebabkan rasa sakit di punggung Anda.

Ketika orang menggunakan gadget mereka, kepala mereka biasanya ditekuk, yang menyebabkan leher mereka melentur hingga 90 derajat. Ini bisa menyebabkan ini dapat menciptakan ketegangan pada otot, tendon, dan ligamen Anda.

Plus, itu menciptakan ketegangan di sistem saraf Anda melalui sumsum tulang belakang Anda, yang dapat menyebabkan Anda tidak nyaman. Saran terbaiknya untuk menghindari masalah ini adalah membawa ponsel Anda lebih dekat kepada Anda daripada berusaha mendekatkannya.

4. Membawa Benda Berat Penyebab Anda Nyeri Punggung

Penyebab nyeri punggung

Penyebab nyeri punggung

Ketika Anda mengangkat sesuatu yang terlalu berat, otak Anda mulai merekrut otot-otot yang tidak dirancang untuk tujuan khusus mengangkat, ini dapat menciptakan rasa sakit dari pengerahan tenaga.

Demikian pula, jika suatu benda canggung untuk dipegang atau diangkat, itu membuat otot dan persendian berada dalam posisi yang aneh untuk menyelesaikan tugas, lagi-lagi menciptakan rasa sakit.

5. Sepatu favorit Anda pemicu nyeri

Sepatu yang tak mendukung atau sudah terlalu lama dipakai selama bertahun-tahun dapat menyebabkan Anda mengalami sakit punggung.

Jika sepatu terlalu datar atau tidak mendukung, sepatu tersebut menyebabkan overpronasi kaki, atau telapak kaki rata. Lengkungan alami di kaki Anda bertindak sebagai peredam kejut. Ketika lengkungan itu tidak ada, kekuatan yang melalui kaki menjalar ke tempat berikutnya. Ini bisa jadi lutut, pinggul, atau punggung bawah Anda.

Biasanya, tubuh Anda mengimbanginya dengan melengkung ke belakang di bagian punggung bawah, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada persendian kecil di antara tulang belakang.

6. Nyeri punggung karena menstruasi

Neryi punggung pada wanita menstruasi adalah hal biasa. Ini karena karena tubuh wanita menstruasi memiliki tingkat prostaglandin yang tinggi, yang umum selama periode seseorang, sering dikaitkan dengan kejang punggung bagian bawah atau bahkan rasa sakit yang memancar dari perut ke belakang, melewati saraf.

Kembung atau retensi berat air tambahan selama periode menstruasi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan di punggung.

7. Penyebab Nyeri Punggung Selama dan Setelah Hamil

Punggung Anda mungkin terasa nyeri setelah dan selama kehamilan. Nyeri punggung selama kehamilan sangat umum, terutama di bagian akhir trimester ketiga.

Sebagaimana dibahas di atas, hormon dapat menyebabkan kontraksi otot yang menyakitkan. Namun, dengan kehamilan, seseorang juga dapat mengalami sakit punggung hanya dari jumlah berat yang sekarang duduk tidak proporsional di depan perut atau juga dari posisi bayi itu sendiri.

8. Kaitan kesehatan mental dan kesehatan tulang belakang

Depresi atau kecemasan dapat menyebabkan sakit punggung karena cara tubuh diposisikan. Dia mengatakan ini bisa menjadi hasil dari postur membungkuk jika Anda depresi atau postur yang kaku dan kaku jika Anda cemas.

Dia mengatakan kurangnya aktivitas juga bisa menyebabkan sakit punggung. Banyak orang yang menderita kecemasan dan depresi akan menghindari situasi sosial, menciptakan perubahan dalam jumlah gerakan yang seharusnya dimiliki tubuh mereka.mTubuh dimaksudkan untuk bergerak, dan ketika kita berhenti melakukan itu, rasa sakit kadang-kadang merupakan tanda peringatan bahwa kita perlu berbuat lebih banyak.

9. Kondisi cuaca mempengaruhi kondisi punggung

Memang benar bahwa cedera lama dapat terasa sakit saat hujan, tetapi ini sebenarnya ada hubungannya dengan perubahan tekanan yang berhubungan dengan cuaca, bukan tetesan air. Ketika tekanan atmosfer berubah, tubuh kita mencoba mencapai homeostasis dengannya. Misalnya, ketika tekanan turun di luar menyebabkan kondisi suhu di tubuh berubah pula.

Karena tekanan barometrik turun di luar ketika akan turun hujan, tubuh berusaha untuk ‘menormalkan,’ menyebabkan ruang antara tulang menurun dan jika ada kerusakan pada sendi (peradangan atau radang sendi), seseorang dapat mengalami rasa sakit.

10. Kasur Anda jadi penyebab nyeri punggung

Tidur nyenyak sangat penting untuk banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, jadi jika kasur Anda tidak mendukung dengan baik, Anda bisa mudah terbangun dengan sakit punggung secara teratur.

Mayoritas berat badan kita terletak pada batang tubuh dan panggul kita. Ketika kasur rusak, atau tidak rata, meninggalkan sedikit cekungan di tengah. Ini akan membuat tulang belakang kita keluar dari posisi netral dan jika kita mencoba tidur tujuh hingga delapan jam per malam, posisi yang buruk adalah sesuatu yang akan dikeluhkan punggung kita di pagi hari.

Tanda utama Anda harus mengganti kasur adalah jika Anda tidak lagi merasa kasur menopang seluruh tubuh saat Anda tidur. Saat mencari kasur baru, Anda ingin mencari yang menopang tubuh Anda tetapi tidak terlalu keras (***)

Konsultasi Nyeri Punggung Via Telpon 021-7919-6999

 

Informasi lebih lanjut mengenai penyebab nyeri punggung dapat Anda konsultasikan dengan tim dokter Lamina Pain and Spine Center. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini