yoga untuk syaraf kejepit

Yoga untuk Syaraf Kejepit, Benarkah Bermanfaat?

Sakit punggung adalah salah satu keluhan yang banyak dirasakan masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa kegiatan yang padat dan berat merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya nyeri punggung. Tidak hanya pada orang lanjut usia, di umur-umur produktif pun banyak yang mengeluhkan sakit punggung. Saraf terjepit adalah salah satu penyebab nyeri punggung. Yoga untuk syaraf kejepit apakah memberikan manfaat, berikut penjelasannya.

Salah satu jenis olahraga yang semakin populer saat ini, yaitu yoga. Ternyata yoga dapat dijadikan sebagai pilihan untuk meredakan sakit punggung. Termasuk nyeri punggung yang disebabkan oleh saraf terjepit atau kita mengenalnya dengan instilah herniated nucleus pulposus (HNP).

Baca juga : Obat Syaraf Kejepit Tanpa Operasi

yoga untuk syaraf kejepit

Ilustrasi : Yoga atasi syaraf kejepit

Mengatasi saraf terjepit dengan yoga adalah salah satu terapi yang layak Anda coba. Jika syaraf terjepit yang terjadi karena posisi membungkuk ke depan yang mengakibatkan nyeri karena ada bagian yang menekan menekan syaraf, maka melalui yoga akan meringankan nyeri melalui relaksasi otot, atau menguatkan struktur jaringan di sekitar saraf yang mengalami masalah. Berikut adalah sederet pose-pose yoga yang akan meringankan gejala HNP.

Trikonasana Yoga untuk Syaraf Kejepit

Pose yoga ini dilakukan jika problem syaraf terjepit belum terlalu parah atau telah mereda. Gerakana trikonasana akan menyelaraskan tulang punggung, susunan syaraf, fleksibilitas pinggul, dan lain-lain. Lakukan selama 15 detik pada setiap gerakan dan ulangi hingga 3-4 kali.

Ustrasana

Pose ini akan membebaskan syaraf serta melatih kelenturan tulang punggung, pingggang, serta kekuatan paha untuk menopang tubuh lebih kuat dan berdiri tegak. Lakukan selama 30-45 detik.

Upavistha konasana Yoga untuk Syaraf Kejepit

Pose ini akan membuat pinggang menjadi lebih fleksibel, serta memberi sensasi lengkungan yang tepat bagi areal punggung bawah. Lakukan pose ini selama 60 detik.

Bharadvajasana kursi

Pose ini akan melembutkan otot latisimus dorsi yang membantu menopang tubuh terutama bagi mereka dengan postur membungkuk. Lakukan selama 15-30 detik pada setiap gerakan.

Setu bandha sarvangasana

Pose ini akan membantu membuat tulang punggung kembali ke lengkungan awalnya. Hal ini akan membuat syaraf siatika terasa nyaman akibat tekanan yang dialami mereda. Lakukan pose ini selama 3-5 menit.

Savasana

Pose ini merupakan gerakan penutup yang wajib dilakukan untuk memberi kesempatan tubuh merangkum seluruh manfaat dari ‘reparasi’ yang dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Lamina Pain and Spine Center. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini