Sakit pada lutut

Sakit Pada Lutut, Jangan Anggap Remeh, Cegah Dengan Ini

Sakit pada lutut bisa bersumber dari struktur tulang lutut seperti sendi lutut, tempurung, ligamen hingga tulang rawan. Dokter memerlukan keahlian hingga pemeriksaan penunjang lain untuk memastikan diagnosis nyeri pada lulut seorang pasien.

Pada kebanyakan individu dengan nyeri lutut umumnya hanya memiliki gejala ringan. Tetapi pada beberapa orang akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Mengidentifikasi lokasi sakit pada lutut sangatlah penting, karena akan menunjukkan penyebab utama rasa sakit yang dialami pasien. Nyeri lutut dapat terjadi di semua umur, meski lebih sering dialami pasien usia lanjut aau mereka dengan obesitas (kelebihan berat badan).

Tanda dan Gejala Nyeri Lutut

Ada beberapa gejala atau tanda yang akan muncul pada mereka dengan masalah kesehatan sendi lutut. Dan yang paling umum terjadi adalah rasa sakit atau nyeri ketika berjalan atau posisi tertentu. Selain itu mereka dengan masalah kesehatan lulut akan mengalami pembengkakan, kekakuan sendi dan krepitasi (terdengar bunyi “klik” saat lutut digerakkan). Meski bisa sembuh dengan sendirinya, saat kesehatan lulut Anda terganggu dan waktunya lebih dari 2 bulan, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Nyeri lutut pada orang dewasa, dapat disebabkan karena trauma seperti jatuh, keseleo, hingga cedera saat olahraga. Selain itu nyeri lutut juga dapat disebabkan adanya kelainan diluar lutut seperti lemahnya otot paha, cedera ligamen, masalah sendi panggul, hingga kelainan tulang belakang (syaraf kejepit) yang memerlukan penanganan segera.

Kapan Penderita Nyeri pada Lulut Datang ke Dokter

Sakit pada lutut

Sakit pada lutut

Orang dengan masalah kesehatan lutut disarankan segera menghubungi dokter apabila mengalami satu atau lebih kondisi di bawah ini, diantaranya:

1. Sedang melakukan terapi fisik atau rehabilitasi namun gejala yang dialami semakin parah
2. Lutut Anda mengalami perubahan bentuk secara anatomi
3. Penderita nyeri lutut yang disertai dengan demam, kemerahan atau rasa panas di lutut, hingga pembengkakan pada lutut
4. Nyeri lutut yang disertai dengan mati rasa pada betis
5. Penderita nyeri lutut yang tidak dapat melakukan aktivitas berjalan akibat nyeri yang dialami

Saat Anda memiliki satu atau lebih kondisi diatas, jangan lagi menunda melakukan pemeriksaan ke klinik khusus nyeri atau dokter spesialis anastesi intervensi, dokter spesialis rehabilitasi medik untuk penanganan segera.

Penyebab Nyeri Lutut

Ada banyak penyebab sakit pada lutut, termasuk diantaranya cidera ligamenyang disebabkan karena terkilir atau robek. Tulang rawan sendi lutut yang robek, hingga peradangan sendi pada tempurung lutu. Dari beberapa kepustakaan yang ada disebutkan beberapa penyebab tersering nyeri lutut diantaranya :

1. Terkilir atau tegang
2. Cedera meniskus (bantalan lutut) atau pada tulang rawan
3. Osteoartritis
4. Tendonitis
5. Bursitis
6. Perdarahan bagian dalam sendi lutut
7. Penyakit Osgood-Schlatter
8. Rematik sendi lutut
9. Infeksi pada sendi lutut dikenal juga sebagai arthtritis septic

Faktor Risiko Sakit pada Lutut

Ada banyak faktor risiko yang berperan dalam kejadian nyeri lutut, pada Anda, diantaranya adalah :

1. Obesitas atau kelebihan berat badan
2. Masalah biomekanik sendi lutut.
3. Kurangnya fleksibilitas atau kekuatan otot-otot lutut
4. Olahraga-olahraga high impact dengan tumpuan utama pada kaki atau lutut
5. Orang yang memiliki riwayat cedera lutut sebelumnya

Pilihan Terapi Sakit pada Lutut

Terapi nyeri lutut berbeda-beda tergantung penyebab utamanya. Seperti contoh nyeri pada tempurung lutut dapat diatasi dengan terapi fisik untuk memperkuat otot kuadrisep (paha depan), serta dengan melakukan peregangan pada otot hamstring (paha belakang) hingga otot betis (kaki bagian bawah).

Baca juga : Nyeri lutut pada remaja

Untuk sakit pada lutut yang disebabkan cedera ligamen, umumnya seringkali sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, atau dengan istirahat cukup. Ligamen yang robek pada lutut terkadang memerlukan imobilisasi yang diikuti terapi fisik aktif. Apabila sakit pada lutut tidak berkurang, bahkan semakin berat. Tidak menutup kemungkinan dokter akan menyarankan tindakan operasi minimal seperti artroskopi untuk memperbaiki kerusakan yang ada di Lamina Pain and Spine Center.

Paska tindakan operative, aktivitas ringan sudah dapat dilakukan perlahan. Dimulai dengan aktivitas berjalan atau latihan menggunakan sepeda statis.

Cara Lain Atasi Sakit pada Lutut

Di rumah Anda dapat melakukan terapi sederhana untuk mengatasi sakit pada lutut, diantaranya dengan;

1. Memperbaiki gaya hidup
2. Konsumsi obat sesuai resep dokter
3. Kurangi atau hindari aktivitas yang menyebabkan munculnya rasa sakit pada lutut
4. Lakukan aktivitas secara perlahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini