Nyeri pinggang saat haid

Nyeri Pinggang Saat Haid, 6 Cara Mengatasinya Di Rumah

0Shares

Saat haid atau periode menstruasi hadir, kaum hawa akan mengalami beberapa kondisi fisik dan psikis, seperti nyeri pada payudara, kram di perut, hingga kemungkinan sakit pada pinggang. Kondisi ini tentunya mengganggu aktivitas harian wanita dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara diketahui mampu mengurangi sakit pinggang saat haid. Harus dipahami, cara-cara ini juga cukup sederhana dan dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pinggang saat haid di rumah. Selain itu penting diketahui terlebih dulu penyebab terjadinya sakit pinggang saat haid agar Anda dapat menemukan penanganan yang tepat.

Penyebab Nyeri Pinggang Saat Haid

Penyebab utama nyeri pinggang saat haid disebabkan oleh perubahan hormon. Data yang diambil dari Journal of Exercise Rehabilitation menyebutkan bahwa sakit pinggang saat haid dipicu oleh prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi terlalu kuat. Selanjutnya memotong pasokan oksigen ke beberapa otot di sekitarnya.

Studi lain mengungkapkan, bahwa prostaglandin menyebabkan rasa sakit pada rahim dan perut. Kemudian juga dapat menyebabkan rasa mual, sakit kepala, dan diare. Rasa sakit yang dirasakan wanita saat haid selain pada pinggang juga dirasakan di sekitar perut, payudara, panggul, dan bahu. Setelah menstruasi, peningkatan ambang nyeri juga dapat dirasakan pada area perut dan panggul wanita.

“Banyak wanita mengalami nyeri pinggang saat haid. Rasa nyeri ini muncul dari rahim yang berkontraksi dan melepaskan lapisan yang telah menumpuk sejak siklus mestruasi terakhir,” ujar Dr Ibrahim Agung SpKFR dari Lamina Rehab.

Baca juga : Sakit pinggang pada dewasa

The American College of Obstetricians and Gynecologists juga menyatakan, sakit pinggang saat haid merupakan gangguan siklus menstruasi pada wanita yang paling sering terjadi. Dalam dunia kedokteran nyeri saat hait dan setelahnya ini disebut sebagai dismenore. Meski demikian, sakit pinggang saat haid dapat menjadi tanda kondisi kesehatan lain yang lebih serius. Dalam kondisi ini kemungkinan dibutuhkan penanganan medis yang lebih intensif seperti pada kasus endometriosis, adenomyosis, infeksi panggul, hingga kemungkinan fibroid rahim.

Untuk memastikannya dokter memerlukan pemeriksaan penunjang lain hingga didapatkan diagnosis yang tepat untuk dilakukan penaganan yang tepat dan adekuat juga.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Haid

Mengatasi sakit pinggang saat haid dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, atau dilakukan dengan pengobatan rumahan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan meliputi:

  1. Istirahat yang cukup dan menjaga tubuh tetap rileks. Saat tubuh melakukan instirahat, Anda disarankan untuk minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.
  2. Konsumsi makan-makanan yang sehat, bila perlu tambahkan suplemen gizi dengan vitamin B dan magnesium.
  3. Mandi dengan air hangat dapat dilakukan untuk mengurangi sakit pinggang saat haid. Anda juga dapat menggunakan bantal pemanas atau handuk yang direndam air hangat untuk mengurangi sakit pinggang saat haid.
  4. Olahraga secara teratur. Wanita yang rutin melakukan kegiatan olahraga secara teratur, terbukti lebih minim risikonya mengalami nyeri pinggang saat haid. Aktivitas olahraga yang dianjurkan pada kondisi ini seperti yoga atau pilates.
  5. Selama periode haid, sebaiknya hindari konsumsi minuman atau makanan dengan kafein atau cokelat yang tinggi. Hindari juga konsumsi alkohol dan rokok.
  6. Konsumsi obat seperti acetaminophen atau obat antiinflamasi, seperti ibuprofen dan naproxen beberapa hari sebelum menstruasi bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya sakit pinggang saat haid.

Saat Nyeri Tetap Ada

Saat Anda sudah melakukan beberapa cara diatas, namun nyeri pinggang saat dan sesudah haid masih ada. Terlebih disertai gejala lain berupa kelemahan pada kaki, punggung terasa nyeri atau kebas di salah satu kaki. Sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan medis segera ke dokter Lamina Pain and Spine Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini