Sepatu hak tinggi

Bahaya! Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Bisa Merusak Tulang!

Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan salah satu penunjang penampilan yang sering wanita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain membuat postur tubuh menjadi lebih tinggi dan ramping, sepatu hak tinggi juga menjadi salah satu penunjang kepercayaan diri wanita. Namun, sayangnya tak banyak yang tahu bahwa sepatu hak tinggi dapat menimbulkan beberapa dampak masalah kesehatan jika terlalu sering digunakan salah satunya adalah kerusakan tulang atau osteoarthritis.

Dampak penggunaan sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi

Melansir dari jurnal artikel kesehatan menyebutkan bahwa 80% cedera yang terjadi akibat menggunakan sepatu hak, berpusat di area tumit dan kaki. Sedangkan 20% lainnya berdampak pada area lutut, area badan, bahkan hingga leher dan kepala. Sepatu hak tinggi dapat membahayakan penggunanya apabila di gunakan terlalu sering. Hal ini karena, saat memakai sepatu hak, maka seluruh berat badan akan bertumpu pada kaki sehingga dapat menyebabkan area tersebut menjadi tertekan terutama di bagian tulang kering (tumit). Inilah sebabnya mengapa kamu sering merasakan nyeri saat terlalu lama menggunakan high heels. Selain itu, menggunakan sepatu jenis ini terlalu sering juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti:

  • Nyeri

Seperti penjelasan di atas, terlalu sering menggunakan sepatu tinggi menyebabkan rasa nyeri pada area tumit karena tekanan. Selain itu, nyeri juga dapat menjalar ke area punggung. Hal ini terjadi karena terjadinya perubahan pada postur tubuh ketika terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi.

  • Perubahan postur tubuh

Saat terlalu sering menggunakan high heels, postur tubuh menjadi tak seimbang, karena saat menggunakan high heels, bagian atas tubuh akan condong ke depan. Lama kelamaan, postur tubuh menjadi  berubah.

  • Pengapuran tulang

Selain dapat menimbulkan nyeri, merubah postur tubuh, penggunaan sepatu hak tinggi juga bisa menyebabkan pengapuran tulang/osteoarthritis atau kerusakan tulang rawan.

Bagaimana hak tinggi merusak tulang

Wanita pengguna high heels berisiko terkena kerusakan tulang belakang hingga tulang kaki. Hal ini terjadi karena, saat seseorang menggunakan high heels, maka postur tubuh menjadi tidak seimbang, tulang bagian dada akan membusung/melengkung ke depan (lordosis), sehingga dapat menyebabkan tulang bagian belakang mengalami kerusakan. Selain itu, tulang paha bagian belakang juga rentan mengalami kejang otot, hingga menyebabkan postur tubuh mengalami perubahan. Selain itu, kerusakan tulang pada pengguna high heels juga dapat menimbulkan risiko saraf kejepit hingga kelumpuhan.

Baca juga: Pengapuran Tulang atau Osteoartritis Ini Cara Pengobatannya

Tips menggunakan high heels

Nah, agar tidak menimbulkan masalah berbahaya seperti kerusakan tulang yang membahayakan kesehatan, sebaiknya mengikuti tips penggunaan high heels di bawah ini!

  • Tidak menggunakan high heels yang tidak terlalu kecil.
  • Gunakanlah sepatu yang memiliki bantalan agar lebih nyaman.
  • Sebaiknya gunakan high heels yang tidak lebih dari 5 cm.
  • Tidak menggunakan high heels dengan tinggi yang sama selama lebih dari dua hari.
  • Jangan memilih high heels dengan ujung yang lancip.
  • Pilihlah sepatu yang memiliki ukuran hak yang tebal.
  • Segera berhenti menggunakan sepatu tinggi jika sudah mulai mengalami nyeri pada tumit.
  • Segeralah melakukan konsultasi dengan dokter jika nyeri pada bagian tumit, punggung, hingga leher tidak hilang dalam waktu berminggu-minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Lamina Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

Lamina

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini