Pekerjaan rumah dan nyeri punggung.

Hati-hati, Pekerjaan Rumah Tangga Juga Bisa Jadi Pemicu Nyeri

JAKARTA — Kehidupan masyarakat urban tampaknya belum sepenuhnya kembali normal sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, Senin (10/6). Selain jalan-jalan banyak yang masih lengang, para Asisten Rumah Tangga (ART) mungkin juga banyak yang belum kembali. Tak ayal berbagai pekerjaan rumah tangga harus ditanggung pemilik rumah sendiri.

Membersihkan rumah, memotong rumput, mencuci mobil, membeli bahan makanan jadi semacam tugas wajib orang dewasa dalam kehidupan yang tak terhindarkan. Terutama saat ART belum kembali.

Tetapi jika Anda menderita sakit punggung kronis yang terkait dengan cedera atau penurunan kondisi tulang belakang, Anda mungkin tahu bahwa beberapa tugas bisa lebih dari sekadar menghabiskan waktu, tapi benar-benar jadi beban tersendiri.


syaraf kejepit endoskopi PELD lamina

Namun Anda dapat mempelajari cara-cara yang sehat untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu untuk menghindari tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang Anda. Dengan teknik yang benar, bahkan pekerjaan biasa ini bisa sekaligus untuk melatih otot-otot di tubuh Anda untuk bergerak dan membakar kalori.

Jika sakit terus berlanjut, tak ada cara lain selain segera menghubungi dokter ahli, seperti yang ada di Klinik Lamina Pain and Spine Center. Dengan berbagai keahlian untuk diagnostik, terapi fisik, manajemen rasa sakit, dan perawatan bedah invasif minimal yang bertujuan memulihkan fungsi Anda. Anda bisa menghubungi layanan Whatsapp untuk konsultasi gratis.

Di bawah ini adalah beberapa contoh pekerjaan rumah tangga bersama dengan tips untuk melakukannya tanpa merusak tulang belakang Anda, dikutip dan diolah dari laman thespinehealthinstitute:

1. Menghisap debu, mengepel, dan menyapu lantai

Pekerjaan menyedot debu, mengepel atau menyapu, adalah pekerjaan yang paling tak terhindarkan meski sebenarnya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan Anda jika dilakukan dengan benar.

Bergantung pada seberapa kuat Anda melakukan setiap tugas, Anda dapat membakar hingga 50 kalori setiap 15 hingga 30 menit dengan pekerjaan ini. Karena berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat adalah dua cara paling efektif untuk menghindari cedera punggung.

Untuk menghindari ketegangan pada punggung selama tugas-tugas ini, pastikan untuk meregangkan dan menghangatkan otot Anda terlebih dahulu, hindari gerakan memutar yang canggung dan berlebiha.

2. Memasak dan mencuci piring

Makanan bergizi dapat membantu menangkal sakit punggung dan leher. Faktanya, makanan yang disiapkan secara sehat tidak hanya memasok tubuh Anda dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkannya untuk menjaga tulang dan otot yang kuat, tetapi juga dapat memerangi peradangan yang memicu rasa sakit di punggung dan leher Anda.

Menggunakan pencuci piring otomatis Anda dapat membakar hingga 100 kalori per jam sambil hanya mencuci dan mengeringkan piring. Ingatlah bahwa saat bekerja di meja dapur, menempatkan satu kaki di tepi lemari rendah yang terbuka dapat membantu menstabilkan dan mengurangi ketegangan pada tulang belakang Anda.

3. Mencuci pakaian.

Mengangkut pakaian ke dan dari mesin cuci, ditambah menggantung dan melipatnya ketika sudah selesai, bisa menambah latihan singkat untuk kebugaran Anda. Faktanya, Anda akan membakar lebih dari satu kalori per menit sambil melakukan tugas yang tidak dapat dihindari ini. Kuncinya adalah berlatih teknik mengangkat yang benar dan menghindari menyentak tiba-tiba dan gerakan memutar pinggang.

4. Memotong rumput dan berkebun.

Jika Anda memotong rumput menggunakan mesin pemotong rumput, Anda tahu Anda mendapatkan latihan otot saat melakukannya. Anda dapat membakar sekitar 100 kalori hanya dalam 20 menit – dan lebih dari 300 kalori dalam satu jam.

Itu latihan yang sangat efisien. Tetapi untuk menghindari menyakiti punggung Anda, penting menggunakan otot-otot inti Anda sebanyak mungkin, dengan kekuatan tambahan yang berasal dari paha depan Anda saat mendorong ke atas bukit atau melalui bidang padat.

Pekerjaan halaman lainnya yang memungkinkan Anda membakar sebanyak 300 kalori per jam termasuk tugas menyapu dan berkebun seperti memangkas semak-semak. Jika Anda menggali di taman, fokuslah menggunakan otot kaki dan ketiak Anda, dan ketika Anda merasa punggung Anda lelah, istirahatlah. Berdiri dan regangkan setiap beberapa menit, dan jangan memelintir ke samping saat kaki Anda ditanam dalam posisi squat.

5. Mencuci jendela, mobil atau hewan peliharaan.

Kegiatan ini memang membutuhkan kerja keras. Anda akan membakar lebih dari 30 kalori setiap 15 menit atau lebih saat Anda mencuci jendela atau mobil Anda. Untuk hewan peliharaan, tergantung karakter peliharaan Anda apakah suka air dan tidak merepotkan atau sebaliknya.

Semua kegiatan ini bisa memberi manfaat otot yang kuat. Namun sejaligus juga untuk mencegah ketegangan otot saat melakukannya, pastikan Anda melakukan peregangan sebelum memulai kegiatan.

6. Berbelanja.

Jikapun dalam keseharian, Anda tak menugaskan ART untuk berbelanja dan sudah biasa Anda lakukan sendiri kegiatan ini, Anda tetap harus waspada. Sisi baiknya berbelanja meski sering dianggap sepele bisa membakar kalori hingga 90 kalori per jam dengan menggunakan kereta belanja. Jika Anda harus mengangkat belanjaan ke posisi yang lebih tinggi maka yang bisa terbakar sampai 400 kalori per jam.

Namun Anda harus meyakinkan bahwa Anda sudah punya pemahaman tentang bagaimana teknik mengangkat benda berat dengan cara yang benar. Anda perlu menempatkan otot fleksor inti dan pinggul Anda untuk bekerja saat memutar dan mengangkat barang untuk menghindari menyakiti punggung Anda.

Jangan pula meremehkan beban belanjaan ringan. Belanjaan ringan tidak serta merta menghindari menyakiti punggung Anda. Lakukan teknik mengangkat beban dengan benar, agar terhindar dari nyeri punggung dan tulang belakang. (***)

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab