Tips Mudah Untuk Ibu Hamil yang Sering Kram Kaki

Tips Mudah Untuk Ibu Hamil Saat Kaki Sering Kram

Ibu hamil yang memasuki trimester akhir seringkali mengeluhkan perubahan fisiknya. Perubahan fisik ibu hamil dapat memicu beberapa gangguan kecil yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Saat bangun tidur, posisi yang tidak berubah selama beberapa waktu atau berjalan terlalu jauh kadang-kadang membuat ibu hamil kesemutan hingga kram pada kaki.

Normalkah ibu hamil mengalaminya dan bagaimana cara mengatasi ketidaknyaman kaki yang sering kram saat masa hamil? Disamping itu, rasa tegang yang dialami oleh otot betis membuat ibu hamil mengalami ketidaknyaman.

Ini dapat juga dikarenakan perut yang semakin besar sehingga membuat pembuluh darah balik yang berada di pangkal panggul merasa tertekan sehingga menyumbat peredaran darah ke kaki.

Informasi & Pendaftaran Telepon 021-7919-6999

Pencegahan Kaki Kram Saat Hamil

Kram kaki saat hamil

Ilustrasi : Kram kaki saat hamil

Kondisi seperti ini yang mengakibatkan sirkulasi darah menjadi lebih lambat di daerah kaki dan mengakibatkan kram pada ibu hamil. Berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan :

  1. Konsumsi air putih yang cukup sehingga dapat membantu menghindari diri dari dehidrasi dan juga melancarkan darah.
  2. Mulailah mengatur makanan yang mengandung mineral dan kalsium yang cukup. Kalsium yang bisa anda dapatkan dari susu, yogurt dan sayuran hijau dapat mengurangi kram yang terjadi tiba-tiba.
  3. Hindari menggunakan sepatu yang berhak tinggi. Sepatu dengan hak tinggi akan memberikan tekanan pada ujung kaki dan juga betis sehingga beresiko kram kaki.
  4. Hindari  berdiri terlalu lama, selama kehamilan beban anda menjadi dua kali dibandingkan keadaan normal sehingga berdiri terlalu lama akan memicu kram kaki.
  5. Lakukan peregangan kaki, sesekali anda dapat memutar persendian searah jarum jam ataupun sebaliknya sehingga dapat meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Untuk membuat anda nyaman selama kehamilan tips di atas dapat membantu anda untuk mengatasi dan melakukan pencegahan kram pada kaki.

Baca juga : ICD 10 HNP 

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien.

Jangan ragu untuk konsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang.

Informasi & Pendaftaran Telepon 021-7919-6999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon