0Shares

Stenosis tulang belakang menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang atau saraf sekitar tulang belakang. Penyakit ini biasanya tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus dokter perlu melakukan operasi untuk mengurangi tekanan tersebut.

Dalam kasus yang lebih parah, kaki atau lengan mungkin menjadi mati rasa dan lemah. Penyempitan di daerah yang lebih bawah menyebabkan nyeri di punggung. Selain itu, ada beberapa gejala lain seperti:

1. Kram pada kaki atau lengan
  2. Memiliki kesulitan dalam berjalan atau seimbang
  3. Nyeri lebih terasa selama berjalan atau berdiri
  4. Buang air kecil yang tidak terkendali

Jika kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut: mati rasa dan kesemutan di kaki; kesulitan buang air kecil atau kehilangan kontrol buang air kecil. Namun keluhan yang timbul masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebabnya apa?

Ada beberapa penyebab dari stenosis tulang belakang yaitu:

1. Piringan sendi pada tubuh mulai mengering dan menonjol
  2. Tulang belakang dan ligamen menebal atau tumbuh lebih besar
  3. Penyakit tulang (seperti Paget)
  4. Perkembangan tulang belakang yang tidak normal karena faktor bawaan
  5. Pernah mengalami cedera tulang belakang atau timbul tonjolan di tulang

Kenali faktor risiko stenosis tulang belakang

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk mengalami stenosis tulang belakang? Terdapat beberapa faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko Anda mengalami stenosis tulang belakang yaitu:

1. Pertambahan usia: usia lebih dari 50 tahun kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi alami stenosis tulang belakang
  2. Keturunan: Faktor ini dapat menyebabkan beberapa orang dapat lebih mudah memiliki penyakit ini
  3. Merokok: bahan dalam tembakau dapat memengaruhi aliran darah ke sendi tulang
  4. Cedera lama: menderita cedera tulang belakang ketika Anda masih muda dapat meningkatkan risiko untuk stenosis tulang belakang
  5. Obesitas: berat badan yang berlebih dapat menyebabkan banyak tekanan pada tulang belakang

Tidak memiliki risiko tidak berarti Anda tidak dapat memiliki stenosis tulang belakang. Faktor risiko yang tercantum di atas hanya untuk referensi. Selalu lebih baik jika Anda mendiskusikan dengan spesialis Anda untuk lebih jelasnya.

Terapi Stenosis Tulang Belakang

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk stenosis tulang belakang? Dokter Anda akan menyarankan beberapa latihan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas. Pijat, akupunktur, kompres dingin (atau panas) bisa menghilangkan rasa sakit. Jika Anda menderita sakit punggung yang berkepanjangan, dokter Anda dapat menyuntikkan obat ke dalam saraf dekat tulang belakang atau sumsum tulang belakang untuk mengurangi rasa sakit.

Pembedahan hanya dilakukan untuk kasus-kasus di mana rasa sakit itu tidak kunjung reda. Dokter Anda dapat melakukan tindakan tertentu untuk mengurangi tekanan pada saraf. Selain itu, dalam beberapa operasi tulang belakang, dokter akan mengangkat beberapa tulang untuk memperluas ruang antar tulang belakang.

Lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter secara teratur untuk memantau kemajuan gejala serta kondisi kesehatan Anda.

Gunakan obat yang diresepkan; jangan menggunakan obat tanpa resep atau berhenti minum obat yang diresepkan.

Turunkan berat badan dengan diet yang tepat.

Gunakan kompres panas atau dingin untuk menghilangkan rasa sakit.

Singkirkan benda-benda penghalang: jagalah rumah Anda agar tetap rapi atau tidak licin karena bisa menyebabkan Anda terjatuh.

Anda harus memakai sepatu yang pas dan sepatu hak rendah untuk membantu Anda menjaga keseimbangan. Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.