Apa yang Perlu Dilakukan Bila Leher Terasa Nyeri?

Jakarta – Tulang pada leher terdiri dari 7 tulang yang disebut vertebra servikal. Ketujuh tulang ini saling terhubung satu sama lain oleh sendi faset dan otot leher, yang memungkinkan kepala dapat bergerak ke segala arah.

Di antara masing-masing tulang terdapat bantalan sendi atau diskus intervertebralis. Saraf akan keluar dari sumsum tulang belakang di setiap levelnya. Impuls saraf akan mengalir sepanjang saraf ini, untuk mengirimkan sensasi, seperti sentuhan atau rasa nyeri, ke otak.

Informasi & Pendaftaran Telepon 021-7919-6999

Sedangkan tulang berfungsi untuk menopang/menyangga kepala dan melindungi sumsum tulang belakang, tempat dimana saraf utama berada.

Nyeri Leher

Nyeri leher biasanya dapat timbul seiring dengan waktu dan mungkin penyebabnya adalah radang sendi atau penyakit degeneratif, dan kadangkala dipicu oleh postur tubuh yang buruk, menurunnya kekuatan otot, stres, dan bahkan kurang tidur. Hal ini dijelaskan Dr. Zacharia Isaac, Harvard Medical School.

Beberapa tips sehat yang dianjurkan Dr. Isaac, antara lain:
-Hindari tubuh dalam posisi yang tidak sehat. Sebaiknya istirahat dengan berdiri dan berjalan-jalan sesering mungkin, agar leher tidak tetap berada di posisi yang tidak sehat.

-Buat penyesuaian ergonomis di tempat kerja. Posisikan monitor setinggi mata sehingga Anda dapat melihatnya dengan mudah. Gunakan headset pada handphone. Bisa juga dengan meletakkan tablet/laptop di atas bantal.

-Jika menggunakan kacamata, sebaiknya kontrol teratur ukurannya dengan dokter spesialis mata.

-Hindari menggunakan bantal saat tidur terlalu banyak karena dapat membatasi gerakan leher saat tidur. Letakkan bantal pada lekukan alami yang berada tepat di tengah belakang antara leher dan bahu. Atau gulungan handuk juga bisa digunakan untuk menyangga leher saat tidur.

-Mengenal kemampuan diri sendiri. Misalnya sebelum memindahkan benda berat pertimbangkan risikonya pada otot leher dan punggung Anda. Sebaiknya mintalah bantuan untuk memindahkannya.

-Tidur cukup. Sulit tidur dapat meningkatkan risiko nyeri sendi dan nyeri otot.

Melatih Otot

Menurut Arthritis Research (Inggris) ada beberapa latihan peregangan dan penguatan otot yang bisa dilakukan, untuk membantu meningkatkan kekuatan otot, meringankan kekakuan, dan memperbaiki ruang gerakan. Latihan peregangan dan penguatan otot berikut sebaiknya dilakukan dua kali sehari

-Gerakkan kepala ke depan. Dorong dagu Anda ke depan. Tahan selama lima detik. Kembalikan kepala ke posisi semula dan dorong ke belakang, pertahankan dagu Anda tetap tinggi. Tahan selama lima detik. Ulangi gerakan ini lima kali.

-Miringkan kepala (ke kiri dan kanan). Miringkan kepala ke arah bahu Anda. Tahan gerakan ini selama lima detik. Kembalikan kepala Anda ke tengah dan ulangi gerakan ini ke sisi satu lagi. Ulangi lima kali di setiap sisi.

-Menundukkan kepala. Bisa dilakukan sembari duduk atau berdiri. Jangan lupa untuk menjaga postur tubuh tetap tegak. Yang terbaik adalah duduk jika Anda mengalami gangguan keseimbangan. Perlahan tundukkan kepala hingga dagu mendekat dada. Tahan selama lima detik dan ulangi lima kali.

-Memutar leher. Putar kepala ke satu sisi (seperti gerakan menengok) dan pertahankan dagu tetap tegak. Tahan selama 5 detik. Kemudian lakukan ke sisi yang lain. Ulangi lima kali untuk masing-masing sisi.

-Tetap aktif merupakan salah satu kunci hidup dengan radang sendi karena dapat menjaga sendi tetap lentur, dapat mengurangi rasa nyeri dan membantu memperkuat otot dan tulang.

Selain itu, penanganan lain untuk nyeri pada leher adalah fisioterapi, transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS), penyangga leher (neck collar), akupunktur, dan injeksi kortikosteroid.

Penanganan dan latihan untuk nyeri leher sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu supaya sesuai dengan kondisi nyeri yang Anda rasakan. (*)

 

Informasi & Pendaftaran Telepon 021-7919-6999

 

 

 

 

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini

Tanya Jawab Via Telpon